Cara Memulai Bisnis Makanan Online Terbaru

Pembahasan tentang cara memulai bisnis makanan online. Bisnis online sekarang ini masih menjadi suatu peluang yang besar untuk mencapai kesuksesan dalam berkarir sebagai pelaku wirausaha. Jika dulu bisnis makanan hanya bisa dilakukan secara offline seperti membuka angkringan di pinggir jalan, membuka restoran atau cafe, dll. Kini bisnis makanan bisa dilakukan secara online atau jarak jauh dan bisa menjangkau pelanggan yang lebih banyak. Nah, artikel ini akan memberikan informasi singkat bagaimana cara memulai bisnis makanan online. Namun sebelumnya mari kita cari tahu keuntungan apa saja jika anda memulai bisnis makanan online.

Alasan Anda Harus Berbisnis Makanan Online

Manusia Selalu Butuh Makanan

Alasan pertama adalah karena manusia pada dasarnya adalah makhluk yang selalu membutuhkan makanan selama masih hidup. Makanan adalah kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Dengan demikian, dengan berbisnis makanan atau kuliner, maka tingkat keberhasilan anda menjadi setingkat lebih tinggi. Anda bisa memilih makanan apa saja yang anda jual dengan melakukan analisa pasar dan siapa saja yang menjadi target pasar anda. Entah itu untuk segmen kalangan menengah ke atas, kalangan bawah, untuk anak muda, semua umur, dll.

 

Mudah Beradaptasi

 

Tren usaha makanan akan terus berkembang setiap waktunya, ada kalanya jenis makanan tertentu menjadi populer dan kemudian menjadi biasa lagi Tugas Anda di sini sebagai pemilik bisnis kuliner adalah mampu beradaptasi. Bagusnya, bisnis kuliner online cukup mudah dimodifikasi sehingga anda hanya tinggal menyesuaikannya sesuai tren yang ada.

 

Bisa Jadi Waralaba

Bisnis makanan online adalah salah satu bisnis yang paling bisa dijadikan bisnis waralaba atau franchise. Brand makanan online yang sudah punya nama yang lumayan terkenal bisa dikembangkan sebagai waralaba. Ketika bisnis anda sudah besar anda bisa bermitra dengan orang lain untuk membuka waralaba bisnis anda dengan pembagian keuntungan yang sudah disepakati. Brand anda bisa menyebar bukan hanya di satu kota, melainkan di banyak kota. Keren sekali bukan? Dengan sistem franchise, keuntungan yang anda dapatkan akan semakin besar.

 

Bisnis yang Sederhana

Bisnis makanan online merupakan bisnis yang sederhana untuk dijalankan namun memiliki peluang dan keuntungan yang cukup besar. Dengan berbisnis ini anda hanya tinggal membuat makanan yang sudah dimasak lalu menjualnya. Baik itu makanan ringan maupun makanan berat. Jika dibandingkan dengan bisnis lain, bisnis makanan termasuk yang paling sederhana. Bandingkan saja dengan bisnis berjualan barang elektronik yang membutuhkan modal yang besar.

Baca juga Bisnis online terbaru 2021.

Cara Memulai Bisnis Makanan Online

1. Pilih Jenis Bisnis Makanan

Cara memulai bisnis makanan online yang pertama adalah menentukan bisnis makanan apa yang anda ingin jalankan. Ada banyak sekali pilihannya dan mungkin anda akan bingung dalam menentukan pilihan. Namun ada dua jenis makanan secara garis besar yaitu makanan berat dan makanan ringan. Pilihlah sesuai yang anda paling suka dan sesuai dengan pasar yang ditarget.

 

2. Tentukan Modal Awal

Setelah menentukan jenis makanan yang akan dijual langkah selanjutnya dari cara memulai makanan online adalah menentukan modal awal. Jenis bisnis makanan online yang anda pilih memerlukan modal minimal dalam jumlah tertentu. Maka persiapkan modal tersebut. Anda bisa mendapatkannya dengan cara menabung atau pun meminjam dari bank. Akan tetapi jangan meminjam uang dengan bunga yang terlalu tinggi karena justru akan membuat bisnis anda gagal.

Baca juga Usaha dengan modal kecil.

3. Lokasi Bisnis dan Platform

Cara memulai bisnis makanan online yang selanjutnya adalah menentukan lokasi tempat anda membuka usaha atau anda bisa mendirikan usaha dengan 100% online dan tidak memiliki toko fisik. Akan tetapi keberadaan toko fisik akan kembuat bisnis anda semakin terlihat profesional. Pemilihan lokasi ini sangat krusial dan harus sesuai dengan jenis makanan yang dijual dan target pasar. Contohnya jika anda membuka usaha berjualan sushi, tidak mungkin anda memilih lokasi di perkampungan. Makanan sushi lokasinya lebih cocok di perkotaan. Begitu juga sebaliknya, jika anda berjualan nasi uduk, maka sangat cocok dijual di perkampungan.

 

Karena anda akan berbisnis makanan online maka diperlukan platform online tempat menjualnya. Cara yang paling efektif adalah dengan cara mengiklankannya di sosial media, dalam hal ini adalah Instagram.

Baca juga Pilihan bisnis untuk pelajar.

4. Bermitra dengan Transportasi Online

Jika bisnis makanan online anda memiliki warung atau toko fisik, maka sangat disarankan anda bermitra dengan Grab Food dan juga Go Food. Hal ini akan menambah omzet yang signfikan. Konsumen kuliner saat ini sangat ingin serba instan dan menginginkan pesan makanan dari jarak jauh. Produk anda akan lebih mudah ditemukan secara online di aplikasi ojol. Untuk dapat bermitra anda harus masuk situs resmi Gojek atau Grab dan ikuti cara bermitra dengan mereka. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi di antaranya adalah memiliki NPWP.

5. Adakan Promo

Saat anda baru saja memulai bisnis makanan online, maka tidak akan langsung ramai oleh pelanggan. Salah satu trik untuk mendatangkan banyak pelanggan di awal-awal adalah dengan mengadakan promo yang menarik. Misalnya promo harga perkenalan, promo by one get one, promo menggunakan kupon, promo paket murah, dan masih banyak lagi. Dari itu anda harus mempersiapkan modal lebih agar bisa mengadakan promo tersebut.

 

6. Buat Produk Anda Berkualitas

Dua kunci utama dari bisnis makanan adalah yang pertama adalah pemasaran dan yang kedua adalah kualitas produk makanan itu sendiri. Dengan kata lain, cita rasa makanan yang anda jual adalah segalanya. Jika rasa makanan yang anda jual tidak enak, mana mungkin pelanggan akan kembali lagi bukan? Karenanya anda harus siap mendengarkan kritik dari konsumen anda, mintalah pendapat mereka tentang makanan yang anda jual. Apa saja kekurangannya dan coba anda perbaiki. Terkadang orang Indonesia sangat anti terhadap kritik padahal kritik itu sangat penting dalam meningkatkan kualitas.

 

Sebelum benar-benar menjualnya, pastikan produk makanan anda sudah benar-benar baik dan bercita rasa tinggi. Salah satu caranya adalah dengan membagikan sampel produk ke teman atau saudara dan meminta pendapat mereka dengan sejujur-jujurnya.

 

7. Memiliki Izin Usaha

Untuk berjualan makanan dengan skala kecil-kecilan anda sebenarnya tidak membutuhkan izin khusus. Akan tetapi bisnis anda sudah berskala menengah ke atas maka anda memerlukan izin usaha yang dikeluarkan oleh negara.  Apabila bisnis makanan online anda sudah besar, maka jangan lupa untuk mengurus NPWP dan sertifikasi halal jika memang masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim menjadi target pasar utama Anda. Supaya tidak ada masalah yang terjadi di masa depan. Mengurus NPWP sebenarnya tidak rumit.

Baca juga Usaha yang belum ada di indonesia.

Jika bisnis anda sudah maju pesat dan berkembang menjadi besar lalu membuka cabang di mana-mana. Maka anda memerlukan bentuk badan hukum untuk bisnis anda. Anda bisa membuat badan usaha berbentuk CV dan mengurusnya di notaris.

Penutup

Itulah pembahasan tentang bagaimana cara memulai bisnis makanan online. Dengan memahami semuanya, anda sebagai calon pelaku wirausaha akan mendapatkan peluang sukses yang lebih besar. Kunci yang lebih ampun dalam bidang ini adalah yakin dan membuang semua karaguan.