5 Pilihan Bisnis Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Thecuy, Kali ini membahas bisnis untuk pelajar dan mahasiswa. Siapa bilang sebuah bisnis hanya bisa dijalankan oleh orang yang telah menuntaskan pendidikan? Bisnis bisa dijalankan oleh siapa saja tak peduli latar belakang orang yang menjalankannya. Ibu rumah tangga dan anak sekolah sekalipun bisa menjalankan bisnis.

 

Jika pelajar atau mahasiswa mampu memiliki bisnis atau usaha dan bisnis tersebut berjalan dengan baik, maka itu bisa menghasilkan uang tambahan untuk uang jajan ataupun bisa membantu menambah biaya sekolah. Akan tetapi, tidak semua bisnis cocok untuk dijalankan oleh pelajar karena bisnisnya harus sesuai dengan kemampuan pelajar dan tentunya terbatas dengan waktu. Maka dari itu artikel ini akan memberikan informasi singkat mengenai bisnis apa saja yang cocok dijalankan oleh pelajar. Akan tetapi ada baiknya kita menyimak kenapa pelajar harus menjalankan bisnis.

 

Alasan Pelajar Harus Menjalankan Bisnis

Menambah Penghasilan

Alasan pertama tentu saja untuk menambah penghasilan. Bisnis kecil-kecilan yang dijalankan oleh pelajar manfaatnya agar bisa menpadatkan penghasilan tambahan. Uang tersebut bisa digunakan untuk membantu orang tua dalam membiayai iuran sekolah ataupun uang jajan. Anda sebagai pelajar jika bisnisnya lancar bukan tidak mungkin bisa membeli barang-barang idaman tanpa harus meminta kepada orang tua.

Baca juga Manfaat yang kalian rasakan sebagai pelajar adanya perdagangan internasional.

Menambah Pengalaman

Pelajar pada umumnya memang tidak diwajibkan mencari uang sendiri tapi akan lebih membanggakan jika sudah berbisnis dan untuk melatih insting bisnis dan juga pengalaman. Jika anda sudah selesai dalam menempuh pendidikan dan berniat untuk langsung berwirausaha, maka anda tidak akan kaget dengan dunia bisnis karena anda sudah punya pengalaman sebelumnya.

 

Menumbuhkan Sikap Mandiri

Manfaat punya bisnis sendiri bagi pelajar adalah menumbuhkan sikap Mandiri. Bagi anda pelajar yang menabung sejumlah uang kemudian uang tersebut dijadikan modal bisnis akan membuat anda belajar mandiri dan bukan tidak mungkin dapat membiayai diri sendiri walau hanya uang jajan. Dengan demikian, anda bisa meringankan beban orang tua bukan?

 

5 Pilihan Bisnis Untuk Pelajar dan Mahasiswa

 

1. Menjadi Seorang Youtuber

Mengapa menjadi seorang Youtuber? Meskipun Youtube kini semakin sesak dengan persaingan, namun bukan berarti anda tidak punya peluang dalam hal ini. Modal untuk menjadi seorang Youtuber sendiri bervariasi tergantung anda bermain di niche apa. Anda yang masih muda tentu punya segudang ide untuk membuat konten di Youtube. Selain membutuhkan peralatan, untuk menjadi seorang Youtuber juga dibutuhkan skill yang mutlak harus ada yaitu mampu tampil di depan kamera dan juga skill editing video.

Baca juga Manfaat perdagangan internasional bagi pelajar.

Untuk yang modalnya minim dan hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet. Anda bisa membuat video kompilasi menarik seperti channel Watchmojo. Yang anda butuhkan adalah kemampuan untuk bernarasi dan editing video.

 

Anda juga dapat membuat channel vlog jika anda mau dan pastikan vlog yang anda buat harus menarik. Akan tetapi untuk bisa sukses di Youtube memang membutuhkan proses yang tidak sebentar. Yang jelas, bagilah waktu sekolah/kuliah dan membuat konten dengan bijak.

 

2. Jualan Voucher Game

Dunia pelajar pastinya akan dipenuhi keseruan termasuk bermain game. Maka salah satu bisnis untuk pelajar yang selanjutnya adalah berjualan voucher game. Di sekolah anda bisa menjualnya kepada teman-teman yang bermain game dan tentunya jumlahnya sangat banyak bukan? Nah, inilah yang harus dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Ini dikarenakan tidak semua pelajar punya akses untuk punya rekening bank sendiri dan bertransaksi online. Yang harus anda lakukan adalah memiliki rekening bank untuk pelajar agar dapat digunakan untuk bertransaksi membeli voucher game entah itu membeli voucher Google Play maupun game lainnya.

Baca juga Jenis-jenis Usaha dengan modal kecil.

Maka dengan demikian, teman-teman anda adalah target pasar anda. Mereka tentunya akan membeli kepada anda daripada harus jauh-jauh ke minimarket. Akan tetapi, sekedar tips, jangan pernah memberikan mereka kesempatan untuk berhutang alias harus bayar cash. Soal modal anda bisa menabung dari uang jajan anda.

 

3. Bisnis Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan keripik yang paling umum dan sering kita jumpai di mana-mana karena memang mudah dibuat dan rasanya enak. Maka dari itu bisnis untuk pelajar yang selanjutnya adalah bisnis berjualan keripik singkong. Tak perlu modal yang besar dan cukup beberapa ratusan ribu saja. Anda bisa memanfaatkan peralatan memasak milik orang tua dan tinggal membeli alat tambahan berupa alat pemotong keripik singkong yang harganya cukup murah. Anda bisa membelinya di online shop dan banyak pilihannya.

 

Selain itu anda bisa menambahkan aneka rasa pada produk keripik singkong anda yang bumbunya juga tersedia di pasaran. Bagaimana dengan cara pemasarannya? Selain secara online, anda juga bisa memasarkannya dengan cara menitipkan ke warung-warung sekitar rumah anda. Hasilnya lumayan bisa menambah uang jajan, beli kuota bahkan barang-barang idaman anda.

Baca juga Bisnis-untuk-pemula/

4. Bisnis Online

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa dijalankan pelajar. Dengan demikian, bisnis online adalah salah satu pilihan bisnis untuk pelajar. Yang diperlukan adalah akun ecommerce karena itulah salah satu cara yang paling efektif untuk berjualan online dibandingkan dengan memiliki website sendiri karena toko online dengan website sendiri membutuhkan modal yang lebih besar lagi.

 

Ada banyak jenis bisnis online yang cocok untuk pelajar dan salah satunya menjadi dropshipper maupun reseller. Menjadi dropshipper modalnya sangat minim dan anda hanya tinggal memasarkan produk yang sudah ada dari toko lain dan mengambil keuntungan yang secukupnya. Sedangkan menjadi reseller anda membeli sejumlah produk dalam jumlah tertentu dan menjualnya kembali. Keunggulan menjadi reseller adalah terlihat lebih profesional. Namun untuk pelajar lebih disarankan menjadi dropshipper terlebih dahulu.

 

5. Menjadi Penulis Online

Usaha untuk pelajar yang paling pas mungkin adalah menjadi penulis di forum. Akan tetapi untuk hal ini anda memerlukan skill menulis yang mumpuni. Apapun tema atau niche tulisan yang anda kuasai, bisa menghasilkan pundi-pundi penghasilan tambahan dengan cara menjadi penulis online. Salah satu platform yang bisa menghasilkan uang adalah forum Kaskus. Di sana anda bisa menjadi Kaskus Kreator dan menghasilka uang dari setiap thread yang anda buat dengan catatan harus lolos review kreator.

 

Anda harus mendaftar sebagai member Kaskus membuat setidaknya satu thread dan satu komentar, kemudian mendaftar sebagai Kreator. Selain Kaskus ada juga tempat menulis online yang bisa menghasilkan uang tambahan seperti di Mojok.co. Jika anda belum bisa menulis maka harus banyak membaca terlebih dahulu dan berlatihlah menulis. Pekerjaan ini memang gampang-gampang susah.

Baca juga Ide bisnis inovatif di luar negeri yang belum ada di indonesia.

Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai bisnis untuk pelajar dan mahasiswa. Selain kelima bisnis di atas tentu saja ada berbagai bisnis lain yang tergolong mudah dijalani oleh pelajar ataupun mahasiswa. Keuntungan besar bukanlan tujuan utama bagi bisnis seorang pelajar, akan tetapi penghasilan tambahan yang walaupun jumlahnya tidak banyak akan menjadi manfaat dan kepuasan tersendiri. Yang terpenting adalah bagaimana membagi waktu antara sekolah dan waktu untuk menjalankan bisnis.

 

Demikianlah artikel ini semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan komentar