Usaha dengan modal kecil

Thecuy, Pembahasan tentang usaha dengan modal kecil = Banyak orang di dunia ini jika untuk membuka sebuah usaha diperlukan modal yang cukup besar. Memang pernyataan tersebut tidaklah sepenuhnya salah. Pasalnya, bisnis jika ingin menghasilkan suatu yang besar haruslah punya modal yang besar agar hasil yang didapat maksimal. Akan tetapi, tidak semua bisnis yang besar harus dimulai dengan modal yang besar, karena dibutuhkan sesuatu yang tidak instan dan semuanya harus dimulai dari awal dan perlahan tapi pasti.

 

Bagi anda yang merasa semakin sulit mencari lapangan pekerjaan dan hanya punya modal yang minim, tidak ada salahnya untuk membuka usaha atau memulai bisnis sendiri. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk memulai sebuah kesuksesan tidak selalu memerlukan modal yang besar.

 

Ada banyak sekali peluang bisnis dengan modal yang kecil yang bisa anda mulai, tinggal pilih mana yang paling cocok untuk anda. Namun perlu diketahui, bisnis dengan modal kecil persaingannya memang agak penuh sesak. Jadi diperlukan kreativitas dan strategi tersendiri untuk mengelolanya. Nah, sekedar informasi dan tips dari kami, berikut ini adalah deretan bisnis dengan modal kecil yang bisa anda mulai.

 

Bisnis atau Usaha Dengan Modal Kecil

 

1. Waralaba

Bisnis dengan modal kecil yang pertama adalah bisnis waralaba atau franchise. Banyak orang berpikir jika membeli usaha waralaba franchise membutuhkan modal yang sangat besar seperti Alfamart, KFC, dll. Padahal sekarang ini banyak pilihan waralaba dengan modal yang minim dan tidak terlalu mahal. Pilihan waralaba murah ini harganya mulai dari 3 jutaan dan terdiri dari berbagai bidang khususnya makanan. Kelebihan dari bisnis waralaba adalah adalah anda hanya tinggal menjalankannya saja dan tak perlu memikirkan berbagai aspek lain karena sudah dirancang oleh mitra waralaba anda. Ada berbagai situs yang menyajikan bisnis waralaba dan anda bisa memilihnya.

 

2. Makanan Ringan/Snack

Bisnis dengan modal kecil selanjutnya adalah berjualan makanan ringan atau snack. Sekilas bisnis seperti ini memang sudah terlalu umum namun tetap saja menjanjikan jika anda lebih kreatif lagi dalam mengelolanya. Selain itu, membuka usaha makanan ringan terbilang mudah untuk dilakukan. Anda bisa menjual snack dari berbagai jenis keripik dan yang lainnya. Kreasikanlah produk anda seunik mungkin. Pemasarannya anda bisa lakukan melalui online. Anda mengiklankannya di Facebook dan Instagram dengan target audience lokal ataupun di wilayah lainnya dengan menaruh produk anda di marketplace. Bisnis seperti tak perlu modal yang besar. Bahkan sekitar 3 jutaan pun sudah bisa dilakukan.

 

3. Usaha Kaki Lima

Siapa bilang berjualan tipe kaki lima itu tidak keren? Asalkan anda berjualan di tempat resmi dan tidak melanggar aturan, anda bisa mendapatkan pendapatan yang menjanjikan dari usaha kaki lima. Yang anda butuhkan adalah produk apa yang akan dijual dan tentu saja kebanyakan adalah kuliner. Agar tidak terlihat membosankan, anda bisa membeli gerobak yang elegan dan modern. Selain itu anda harus menguasai membuat produk yang anda jual. Misalkan anda ingin membuka warung ayam geprek, maka pastikan anda bisa membuat ayam geprek yang enak. Anda tak perlu menjadi seorang chef terlebih dahulu, anda bisa mencari resep yang bertebaran di internet. Bisnis kuliner adalah bisnis yang tak pernah mati karena sejatinya manusia adalah makhluk yang tak bisa berhenti makan.

 

4. Wedding Organizer

Mungkin anda berpikir jika membuka usaha Wedding Organizer membutuhkan modal yang besar. Padahal usaha ini termasuk salah satu usaha dengan modal kecil. Ada pelaku usaha Wedding Organizer yang punya modal awal sekitar Rp.3 jutaan saja. Yang anda butuhkan dalam bidang usaha ini adalah kemampuan anda untuk bisa merancang sebuah konsep pernikahan dari awal sampai akhir. Semakin kreatif diri anda, maka semakin bagus pula hasilnya. Prospek bisnis ini juga termasuk cerah karena pernikahan terus terjadi setiap waktu.

Sebagai Wedding organizer anda dituntut untuk mengatur serangkaian acara. Sekali lagi, dalam bisnis ini, kreativitas anda dalam mengenali pasar menjadi kunci keberhasilan. Anda bisa menerapkan tema bagi wedding organizer anda. Misalnya wedding organizer berkonsep atau bertema islami, tradisional, dll.

 

5. Laundry

Bisnis laundry termasuk dalam daftar usaha dengan modal kecil. Memang tidak mengherankan, karena bisnis jasa pencucian pakaian ini masih sangat menjanjikan. Bisnis laundry bisa menghasilkan omzet hingga ratusan juta per bulan. Kunci dari bisnis ini adalah pemasaran. Dengan pemasaran yang tepat, pelanggan akan berdatangan dan meminta anda untuk mencucikan bajunya.

 

Modal untuk bisa membuka usaha laundry tergantung seberapa besar laundry yang anda buka. Anda bisa langsung membeli mesin cuci dalam jumlah yang banyak jika anda punya modal yang cukup. Akan tetapi anda bisa memulainya dari rumah dulu dengan mesin cuci dengan harga yang murah. Saat ini terdapat mesin cuci dengan kualitas yang mumpuni dengan harga sekitar Rp.1,5 jutaan saja untuk yang dua tabung dan sekitar Rp. 2 jutaan untuk yang satu tabung. Dengan demikian modal awal yang dibutuhkan tidak lebih dari 5 jutaan. Sekali lagi pemasaran adalah hal yang krusial dari bisnis ini. Pemasaran online bisa menjadi salah satu caranya.

 

Jika sudah ada kompetitor dari bisnis ini, maka patoklah harga yang kompetitif dan bersaing dengan kompetitor anda. Selain itu, bisnis ini mudah untuk dipraktekan jika sudah dapat pelanggan yang banyak. Tidak perlu ribet, anda hanya tinggal mengoperasikan mesin cuci.

 

6. Jasa Pencucian Motor

Jika sebelumnya usaha jasa cuci pakaian atau laundry, maka ini adalah jasa pencucian motor dan termasuk dalam jajaran usaha dengan modal kecil. Untuk modal awal sebenarnya tidak terlalu besar, anda hanya perlu halaman depan rumah anda sebagai tempat usaha dan peralatan cuci motor yang sebenarnya tidak terlalu mahal. Kenapa usaha ini termasuk menjanjikan? Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna motor terbanyak di dunia. Bahkan kami yakin anda pasti punya motor. Ya, motor di Indonesia sudah seperti lalat dan ada di mana-mana. Tentunya dengan jumlah yang banyak tersebut, pasti ada saja orang yang malas mencuci motornya dan membutuhkan jasa pencucian motor kan? Sebuah peluang usaha yang bagus.

 

7. Toko Kelontong

Yang anda butuhkan dalam usaha toko kelentong selain modal awal adalah lokasi, lokasi toko kelontong tidak terlalu sulit dan bisa di rumah sendiri asalkan terletak di kawasan yang banyak penduduknya. Dalam toko kelontong anda menjual berbagai kebutuhan pokok termasuk sembako hingga berbagai produk lainnya. Salah satu keuntungan dari usaha toko kelontong adalah mudah dijalani dan tidak menguras banyak energi.

 

Bagi anda yang berlokasi di komplek perumahan atau di pemukiman padat penduduk, bisa memberikan keuntungan tersendiri karena biasanya dapat menarik warga sekitar menjadi pelanggan tetap. Untuk menambah keuntungan anda dapat menjual produk modern seperti pulsa, token listrik, kuota, hingga tempat pembayaran seperti pembayaran PDAM, PLN, BPJS, dll. Sangat disarankan untuk membuka kemitraan dengan online shop seperti Mitra Bukalapak, Mitra Shopee, atau Mitra Tokopedia. Ada banyak keuntungan jika anda bermitra, mulai dari order stok, hingga potongan harga pulsa dll.

 

Inovasi dibutuhkan dalam membuka usaha ini mengingat minimarket kini menjamur di sekitaran kawasan padat penduduk. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan jasa pesan antar melalui online.

Baca juga Usaha yang belum ada di indonesia.

Akhir kata

Itulah pembahasan mengenai usaha dengan modal kecil. Peluang usaha akan selalu ada di setiap waktu. Yang terpenting adalah strategi dan insting bisnis anda agar tidak terjadi kerugian. Dari itu analisa pasar merupakan salah satu yang harus anda lakukan sebelum memulai usaha.

 

 

Satu pemikiran pada “Usaha dengan modal kecil”

Tinggalkan komentar