BISNIS UNTUK PEMULA

Thecuy, Pembahasan tentang bisnis untuk pemula = Kebanyakan orang yang sudah menuntaskan pendidikan di SMA, mereka memilih untuk melanjutkan ke jenjang kuliah atau langsung terjun ke dunia kerja. Bagi mereka yang kesulitan mencari pekerjaan akan berpikir untuk membuka usaha sendiri. Akan tetapi, untuk membuat bisnis sendiri sebenarnya cukup riskan apabila langsung dengan modal yang sangat besar, apalagi jika anda sebagai pelaku bisnis masih sangat pemula dan belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya.

 

Maka dari itu dibutuhkan analisa terlebih dahulu agar usaha atau bisnis yang anda jalankan cocok untuk anda, minim resiko dan entunya mudah dijalankan oleh pemula. Artikel ini akan memberikan informasi singkat apa saja bisnis untuk pemula. Lalu, seperti apa sih orang yang pemula dalam bidang bisnis?

 

Para Pemula Dalam Bidang Bisnis

 

1. Fresh Graduate SMA

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kebanyakan lulusan SMA ingin langsung terjun ke dunia kerja apabila tidak mampu kuliah. Namun ada juga orang yang baru lulus SMA, ingin membuka usaha sendiri alias berwirausaha. Nah, fresh graduate inilah yang bisa disebut sebagai pelaku pemula dalam dunia bisnis apabila ingin membuka usaha sendiri. Pengetahuan mereka tentang bisnis masih minim sehingga perlu menjalankan usaha yang minim resiko.

 

2. Mahasiswa

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa berbisnis? Para mahasiswa yang bisa membagi waktunya dengan baik bisa menjalankan usaha sampingan untuk menambah biaya kuliahnya. Akan tetapi, bisnis yang dijalankan harus semudah mungkin dan tidak akan mengganggu waktu dan fokus kuliah. Ada banyak orang di luaran sana, orang yang membiayai kuliahnya sendiri dari hasil bisnis yang dijalankan.

 

3. Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga yang mengurus pekerjaan rumah juga banyak yang sukses dalam menjalankan usaha walaupun dengan skala kecil-kecilan. Usaha atau bisnis yang cocok bagi ibu rumah tangga tentunya haruslah tidak terlalu rumit dan sulit.

 

Pilihan Bisnis Untuk Pemula dan Minim Resiko

 

1. Rental Playstation

Bisnis untuk pemula yang satu ini memang membutuhkan modal yang agak besar. Namun apabila kriteria sudah terpenuhi seperti lokasi yang strategis, maka usaha ini masih menjanjikan dan cocok bagi pemula. Jika modal sudah terkumpul, maka yang perlu dilakukan adalah menyediakan beberapa konsol PS4 (atau PS5). Anak-anak di era sekarang banyak sekali yang menggemari game konsol terutama para remaja, walaupun game mobile terus menjamur.

 

2. Pulsa, Token, Tempat Pembayaran

Pilihan bisnis untuk pemula selanjutnya adalah membuka usaha semacam konter pulsa dan pembayaran. Tidak perlu modal yang begitu besar namun disarankan memiliki tempat yang bagus dan strategis. Konter yang dibuka bukan hanya berjualan pulsa dan kuota. Tetapi juga bisa voucher game, dan tempat pembayaran seperti BPJS, PDAM, PLN, dll. Salah satu caranya adalah dengan menjadi mitra Bukalapak atau Tokopedia dan anda bisa berjualan pulsa serta yang lainnya.

 

3. Usaha Fotokopi

Berikutnya sebagai bisnis untuk pemula salah satunya adalah membuka usaha fotokopi. Memang, bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar. Namun peluang untuk mendapatkan keuntungan juga sangatlah besar. Dua kunci utama untuk membuka usaha fotokopi adalah lokasi yang bagus dan mesin fotokopinya sendiri. Jika dua hal itu sudah terpenuhi, maka anda hanya tinggal menjalankannya menuju kesuksesan. Tentunya usaha fotokopi harus disertai dengan menjual berbagai alat tulis. Lokasinya? Usahakan dekat dengan sekolah atau kampus.

 

4. Warkop

Bisnis yang satu ini memang sudah sangat menjamur namun bukan berarti tidak menguntungkan dan tidak layak dijalankan. Warung kopi adalah salah satu bisnis untuk pemula yang cukup dijalankan dan minim resiko. Asalkan lokasinya strategis dan cukup dekat dengan pusat keramaian. Warung kopi anda bisa anda kreasikan menjadi lebih modern seperti tempatnya yang bersih dan nyaman. Tambahkan makanan ringan seperti kue dan gorengan. Ide yang lainnya adalah pasanglah wifi agar pelanggan bisa betah berlama-lama di warkop anda

 

5. Event Fotografer

Bagi anda yang hobi dan memiliki skill fotografi maka usaha yang cocok bagi anda adalah menjadi event fotografer. Bukan hanya memerlukan skill fotografi yang mumpuni, anda juga dituntut punya skill editing yang baik agar bisa memuaskan pengguna layanan jasa fotografi anda. Adapun event yang biasanya membutuhkan jasa fotografi diantaranya adalah pernikahan, foto pra nikah, ulang tahun, wisuda, momen kelahiran, dan masih banyak lagi. Anda bisa memanfaatkan iklan online di sosial media untuk memasarkan jasa anda.

 

6. Bisnis Aneka Kue

Bisnis untuk pemula berikutnya adalah bisnis berjualan aneka kue dan ini cocok bagi mahasiswi ataupun ibu rumah tangga. Akan tetapi bukan berarti bisnis ini tidak bisa dijalankan oleh laki-laki, karena sejatinya siapapun bisa membuat kue. Bagi anda yang hobi membuat kue, maka ide ini merupakan yang sangat cocok. Dari hobi anda inilah anda bisa menghasilkan keuntungan.

 

Adapun aneka jenis kue yang bisa dijual bisa bermacam-macam dan tidak akan membuat pelanggan bosan karena banyak pilihan. Sebut saja ada kue basah, bika ambon, brownies, banana cake, dadar gulung, lapis legit, bolu coklat, klepon, onde-onde, dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga aneka kue kering seperti sandwich coklat mint, putri salju, nastar, kukis lemon, kukis kacang, dll.

Bisnis aneka kue juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Modal yang anda butuhkan untuk bisnis kue skala kecil saja hanya berkisar tak lebih dari Rp.10 juta. Untuk bisnis aneka kue pemasaran yang paling efektif adalah beriklan di sosial media.

 

7. Jualan Aksesoris Smartphone

Untuk bisa berjualan smartphone tentunya membutuhkan modal yang besar dan termasuk dalam usaha kelas menengah. Tapi tidak jika anda hanya berjualan aksesoris smartphone karena tentunya modal yang dikeluarkan relatif tidak besar.

 

Smartphone kini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi banyak orang. Smartphone memiliki perlengkapan lainyaa seperti casing, anti air, earphone, hardcase, softcase, dll. Nah, banyak orang yang membutuhkan aksesoris bagi smartphone miliknya. Maka dari itu berjualan aksesoris smartphone merupakan salah satu bisnis untuk pemula yang punya peluang yang cukup bagus.

 

Untuk memulai usaha ini anda membutuhkan tempat grosir untuk membeli aneka produk aksesoris smartphone yang murah agar bisa dijual kembali dengan harga yang cocok. Anda bisa membelinya di online shop yang mengimpornya dari China seperti yang ada di Ebay ataupun Aliexpress. Anda bisa mencari distributor aksesoris smartphone dengan harga murah di sana.

 

Bahkan di Aliexspress, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Agar bebas biaya pajak masuk, anda bisa memesan barang dengan total harga di bawah $500. Jika anda tak keberatan dengan pajak, maka anda bisa memesan lebih banyak lagi dan mendapatkan harga grosir yang lebih murah lagi.  Dengan harga yang sangat murah, anda bisa mendapatkan untung yang besar saat menjualnya di online ataupun secara offline.

Baca juga :

  1. Usaha yang belum ada di indonesia.
  2. Usaha dengan modal kecil.
  3. Ide bisnis inovatif di luar negeri.

Akhir Kata

Itulah pembahasan singkat tentang bisnis untuk pemula. Apapun bisnis atau usaha yang anda pilih, yang terpenting adalah cocok atau tidaknya dengan anda. Jika tidak cocok maka jangan dipaksakan. Pilihlah yang paling mudah menurut anda dan yang paling dikuasai.

Tinggalkan komentar