15 Makanan Untuk Menyehatkan Kulit Wajah

Siapapun pasti ingin memiliki kulit wajah yang sehat, segar, dan cerah. Sebenarnya ini tak memandang gender, baik wanita maupun pria. Pastinya ingin kulit wajahnya sehat. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menyehatkan kulit wajah. Mulai dari kosmetik, hingga skin care. Namun sayangnya tidak terlalu banyak yang tahu jika untuk menyehatkan kulit wajah sebenarnya ada upaya lain yang sederhana dan alami. Yaitu dengan makanan yang kita konsumsi. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk menyehatkan kulit wajah.

 

Ya, apa yang dikonsumsi sehari-hari tak hanya akan berdampak pada tubuh tapi juga kulit wajah. Jika anda kurang konsumsi buah dan sayur maka wajah akan menjadi kurang segar. Itulah kenapa kesehatan kulit wajah tak cukup dengan perawatan dari luar tapi juga dari asupan makanan. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk menyehatkan kulit wajah.

Deretan Makanan Untuk Menyehatkan Kulit Wajah

Teh Hijau

Ya, teh hijau memang bukan termasuk makanan dan lebih dikenal sebagai minuman yang mengandung antioksidan. Tapi justru antioksidan inilah yang berfungsi untuk memelihara kulit. Bukan hanya itu, jika teh hijau diminum secara rutin juga akan mampu membantu memperlancar aliran darah dan kulit wajah akan terlihat lebih cerah.

 

Tomat

Sayuran ini mengandung cukup banyak vitamin C dan juga sumber lycopene. Dua kandungan nutrisi ini mampu membuat kulit menjadi lebih cerah. Tomat bisa disajikan sebagai sayur, lalapan, salad, hingga menjadi jus. Lycopene yang terkandung dalam tomat berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan juga untuk meningkatan status antioksidan sehingga sel-sel kulit akan mampu menangkal radikal bebas.

 

Ubi

atau sweet potato, umbi-umbian yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang banyak layaknya buah jeruk. Ubi jalar memiliki kandungan zat beta karoten yang membuat kulit wajah lebih awet muda.

 

Wortel

Sayuran ini sering dibuat sup oleh masyarakat Indonesia. Selain terkenal untuk memelihara kesehatan mata, wortel juga menyehatkan kulit wajah dan mencerahkannya. Dalam wortel terdapat kandungan vitamin A untuk beta karoten. Vitamin A tak cuma baik untuk mata tapi diperlukan untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

 

Seafood dan Ikan

Apakah anda tidak alergi terhadap seafood atau makanan laut? Selamat, karena seafood adalah sumber makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Ikan dan seafood yang anda konsumsi harus mengandung omega 3 yang bisa meningkatkan kolagen yang memelihara kesehatan kulit wajah. Akan tetapi bagi anda yang alergi seafood, maka seafood harus dihindari. Sebagai gantinya, anda bisa mengkonsumsi ikan air tawar yang kaya akan omega 3.

 

Kacang Almond

Salah satu makanan yang baik untuk menyehatkan kulit. Terkenal karena rasanya yang enak ini mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel kulit dari sinar UV yang berbahaya. Sinar UV ini berbahaya karena bisa memicu radikal bebas yang dapat merusak sel kulit.

Kiwi

 

Buah kiwi terkenal karena mengandung vitamin C yang tergolong tinggi. Karena itulah, buah kiwi ini baik untuk bisa mencerahkan kulit wajah. Antioksidan dalam buah kiwi membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit terlihat kering serta menangkal radikal bebas yang bisa menjadi pemicu penuaan dini pada kulit wajah. Sebagai saran, makanlah buah kiwi hingga kulitnya walaupun rasanya agak aneh. Ini dikarenakan antioksidan pada kiwi terkumpul di kulitnya dan jumlahnya bisa mencapai tiga kali lipat.

 

Pepaya

Buah pepaya diketahui mengandung vitamin A, Enzim papain, dan beta carotene. Enzim papain dapat membantu pencernaan dengan memecah protein yang tidak aktif. Tak hanya itu, enzim papain juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas serta membantu memulihkan kerusakan kulit dengan cara regenerasi sel yang dipercepat.

 

Alpukat

Buah alpukat sering dijadikan jus karena rasanya yang enak. Selain rasanya yang cukup enak, alpukat memiliki banyak manfaat berkat nutrisi di dalamnya. Termasuk untuk menyehatkan kulit wajah. Alpukat mengandung vitamin C dan E. Kedua vitamin tersebut dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Buah alpukat mempunyai kandungan lemak yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.

 

Apel

Selanjutnya, makanan untuk menyehatkan kulit wajah adalah apel. Siapa sih yang tidak suka dengan apel? Buah apel ini ternyata mampu mencerahkan kulit jika dikonsumsi secara rutin. Apel mengandung asam malat atau sebutan lainnya adalah asam alfa hidroksil. Zat inilah yang membantu memperbaharui sel kulit dengan tanpa merusak lapisan sel kulit. Apel sangat baik untuk dimakan langsung maupun dibuat jus.

 

Bayam

Bayam biasa disajikan sebagai sup ataupun bisa dijus. Pengolahan bayam yang praktis membuat sebagian masyarakat gemar mengkonsumsi bayam karena bermanfaat untuk memelihara kesehatan. Bukan hanya berdampak baik bagi kesehatan tubuh, bayam juga bagus untuk menyehatkan kulit wajah. Bayam memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai anti radikal bebas. Namun penting bagi anda untuk tidak mengkonsumsi bayam yang sudah “kadaluarsa”. Segera konsumsi bayam setelah selesai diolah dan matang.

Biji Bunga Matahari

Ya, biji bunga matahari ini biasa kita jumpai sebagai kuaci. Ternyata bukan sekedar makanan ringan yang enak untuk dikonsumsi tapi juga bisa membuat kulit tetap lembap. Ini dikarenakan biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang bagus untuk kulit.

Brokoli

Sayur yang sering kita temukan sebagai pelengkap dari sup wortel ini sudah terkenal karena segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Brokoli merupakan sumber vitamin C, zinc, dan lutein. Lutein adalah zat yang serupa dengan beta karoten. Yaitu merupakan pigmen alami yang terkandung dalam buah dan sayur. Ketiga nutrisi tersebut berfungsi untuk membantu kesehatan kulit termasuk kulit wajah dari radikal bebas.

Kedelai

Kacang kedelai mengandung zat isoflavon. Yaitu senyawa tanaman yang bisa memblokir estrogen dalam tubuh. Isoflavon inilah yang bisa memberikan dampak yang baik bagi tubuh anda termasuk pada kulit. Penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi kedelai yang mengandung isoflavon selama 8 hingga 12 minggu dapat mengurangi kerutan halus dan turut meningkatkan elastisitas pada kulit. Pada wanita yang sudah menopause, kedelai juga bisa meningkatkan kolagen pada kulit sehingga menjaganya agar tetap halus dan kuat. Olahan kacang kedelai yang baik adalah susu kedelai atau sayur sup tempe yang disajikan dengan makanan sehat lainnya.

 

Baca juga : tips-kulit-menjadi-putih-sehat-dan-cerah

Paprika

Sama seperti ubi jalar, paprika baik itu yang berwarna merah maupun yang kuning adalah makanan dengan sumber nutrisi yang baik. Paprika adalah sumber beta karoten dan dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. 149 gram paprika merah yang dicincang memiliki kandungan yang setara dengan 92% RDI vitamin A. Paprika juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dalam paprika dapat menciptakan kolagen protein untuk menjaga kulit tetap sehat. 149 gram memiliki 317% RDI untuk asupan vitamin C. Menurut sebuah penelitian juga disebutkan perempuan yang rutin mengkonsumsi vitamin C, dikatakan dapat mengurangi risiko keriput seiring bertambahnya usia.

 

Itulah pembahasan tentang 15 makanan yang menyehatkan kulit wajah.  Mulai sekarang yuk jaga dan rawat kesehatan kulit dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti daftar yang sudah disebutkan di atas.

 

 

Tinggalkan komentar