6 Ikan Air Tawar dengan Gizi Tinggi dan Manfaatnya

Kita sering mendengar jika ikan air laut harganya lebih mahal dari ikan air tawar dan ini membuat ikan air tawar sering dipandang sebelah mata. Padahal kandungan gizi dan nutrisi pada ikan air tawar sebenarnya tidak kalah dari ikan air laut. Dalam artikel ini akan dibahas tentang bagaimana pentingnya mengkonsumsi ikan air tawar dan beberapa jenis ikan air tawar dengan gizi tinggi.

 

Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya konsumsi ikan cenderung meningkat tapi angkanya tetap terbilang rendah jika dibandingkan dengan negara maju. Baik ikan air tawar atau ikan laut, keduanya merupakan sumber nutrisi omega-3 dan juga vitamin serta memiliki kandungan lemak yang relatif rendah.

 

Sekilas Tentang Ikan Air Tawar

 

Ikan air tawar merupakan ikan yang hidupnya di air tawar seperti sungai, danau maupun kolam air tawar yang dibuat oleh manusia dengan salinitas air yang kurang dari 0,05%. Hal ini berbeda dengan ikan air laut yang tingkat salinitasnya lebih tinggi. Karena hidup di air tawar, pembudidayaan ikan ini menjadi jauh lebih mudah dari ikan laut dan menjadikan harganya yang cenderung lebih murah.

 

Peternak ikan bisa membudidayakan banyak jenis ikan air tawar di kolam buatan dalam jumlah yang sangat banyak. Tentu ini berbeda dengan para nelayan yang harus menangkap ikan di tengah laut. Meski demikian, bukan berarti ikan air tawar bisa dianggap remeh begitu saja.

 

Ada banyak sekali jenis ikan air tawar yang dibudidayakan di Indonesia dan tentunya mudah kita temui di pasaran. Mulai dari ikan mujair sampai ikan mas. Kadar kandungan gizi dalam ikan air tawar juga tergantung dari jenis ikan itu sendiri. Di sini akan dijelaskan beberapa ikan air tawar yang bernilai gizi tinggi. Berikut ini adalah daftarnya.

 

6 Ikan Air Tawar dengan Gizi Tinggi

 

Sarden Air Tawar

Ikan sarden air tawar berbeda dengan ikan sarden laut. Sarden air tawar ini berukuran kecil dengan warna perak dan memiliki rasa yang unik. Biasanya sarden air tawar dikeringkan lebih dulu kemudian bisa diolah dan dikonsumsi. Ikan kecil ini mengandung nutrisi berbagai vitamin termasuk vitamin A, B, dan juga B komplek. Kandungan lainnya adalah kalium, magnesium, dan kalsium. Nutrisi tersebut berfungsi untuk perkembangan tulang dan gigi anak dan baik untuk memelihara kesehatan ibu yang sedang hamil.

Ikan Lele

Ikan air tawar dengan gizi tinggi selanjutnya adalah ikan lele. Seperti yang kita ketahui lele adalah ikan yang paling mudah dikenali karena bentuknya yang khas dan memiliki kumis yang panjang. Ikan ini tidak bisa ditemukan di air laut, karena lele laut tergolong dalam marga yang berbeda. Habitat ikan lele biasanya adalah air dengan arus yang perlahan seperti sungai, waduk, dan telaga. Ukuran lele kerap lebih kecil dari gurami akan tetapi ada juga ikan lele yang ukurannya sangat besar. Ikan air tawar ini di dalamnya terkandung nutrisi seperti lemak, kalsium, vitamin C, vitamin A, natrium, dan juga zat besi. Kelebihan lainnya adalah merkuri dalam ikan lele tergolong rendah.

 

Ikan Nila

Ikan air tawar yang satu ini adalah ikan konsumsi yang berasal dari Afrika bagian timur. Ikan nila menjadi ikan air tawar paling terkenal karena budidayanya yang masif dan ada di mana-mana. Bahkan saking mudahnya, ikan nila berkembang biak secara liar di berbagai sungai dan danau di Indonesia. Ikan nila termasuk air tawar yang bau amisnya tidak terlalu menyengat sehingga cocok buat anda yang tidak suka ikan karena bau amis. Selain itu, ikan nila juga termasuk ikan yang mudah untuk diolah, berdaging padat, dan memiliki rasa yang gurih.

 

Sedangkan untuk nutirisinya sendiri, ikan nila mengandung senyawa vitamin B12 yang berfungsi sebagai penjaga energi. Nutrisi lainnya yaitu tingginya kandungan protein dan mineral namun di sisi lain rendah lemak. Ikan ini bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang sakit dan orang lansia, serta orang yang memiliki risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

 

Ikan Mujair

Yang menarik dari ikan mujair adalah bahwa ikan ini berasal dari afrika dan sampai ke Indonesia ketika pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair di muara sungai Serang dekat pantai selatan Blitar pada tahun 1939. Ikan air tawar dengan nama ilmiah Oreochromis mossambicus merupakan salah satu ikan air tawar dengan gizi tinggi dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini memiliki kandungan protein yang berfungsi untuk membantu perkembangan otot fosfor, serta memperkuat tulang. Ikan mujair juga memiliki selenium yang dapat menangkal radikal bebas. Sama halnya dengan ikan air tawar kebanyakan, ikan ini juga mengandung omega-3.

 

Ikan Gurami

 

Ikan gurami atau bisa juga disebut ikan gurame adalah ikan air tawar yang bisa ditemukan dan populer di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Termasuk di Indonesia, ikan ini banyak dibudidayakan. Ikan ini dikenal dengan ukurannya yang besar dan dan sering diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Ikan ini digemari oleh masyarakat karena cita rasa yang gurih, daging yang padat, dan durinya yang besar.

 

Ikan berukuran besar ini adalah salah satu ikan air tawar dengan kandungan nutirisi yang tinggi. Kandungan omega 3 dalam ikan ini dapat membantu dalam perkembangan otak. Ikan ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga memberikan manfaat pada perkembangan masa otot.

 

Ikan Mas

 

Ikan air tawar dengan gizi selanjutnya adalah ikan mas. Ikan ini disebut juga ikan kerper. Ikan ini sudah tersebar dan populer di Indonesia. Di negara kita ikan mas sudah dipelihara sejak tahun 1920an. Lemak ikan mas mudah rusak, dari itu tidak dianjurkan mengolah ikan mas dengan cara digoreng. Lebih baik mengolah ikan mas dengan cara disup ataupun dipepes. Kandungan gizi pada ikan mas terbilang tinggi dan dapat mendatangkan sejumlah manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, mencerdaskan otak, hingga menurunkan risiko kanker.

 

Tips Dalam Mengkonsumsi Ikan

Kebanyakan orang tidak menyukai ikan karena berbagai alasan,mulai dari rasanya, harga yang mahal, hingga hal yang lainnya. Namun yang paling penting jika kita memilih ikan untuk dikonsumsi adalah hindari mengkonsumsi ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi. Ikan dengan kandungan merkuri yang relatif tinggi adalah kerapu, tulang kaleng, makarel, marlin, hingga ikan todak.

 

Tips lainnya adalah pilihlah ikan yang masih segar. Ciri-cirinya adalah mata ikan segar terlihat menonjol, selaput mata jernih, pupil hitam, dan insang berwarna merah cerah. Selain itu perlu diperhatikan pula cara mengolah dan memasak ikan air tawar agar manfaat nutrisi yang didapat dari ikan air tawar bisa didapat secara maksimal.

 

Baca juga : manfaat-minyak-ikan-untuk-kesehatan

 

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat tentang 6 ikan air tawar dengan gizi tinggi dan info lainnya tentang air tawar. Memang sangat disayangkan jika kita melewatkan manfaat tersebut. Jadi, mari kita konsumsi ikan untuk hidup lebih sehat.

 

Satu pemikiran pada “6 Ikan Air Tawar dengan Gizi Tinggi dan Manfaatnya”

Tinggalkan komentar