Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Pembahasan Tentang manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

 

Di era sekarang ini memang adalah era yang serba instan. Mulai dari yang serba digital hingga makanan pun bisa serba instan. Namun, tentunya untuk urusan makanan tidak semuanya yang instan baik untuk kesehatan.

 

Sering kali kita memilih makanan yang serba cepat dan tak mempedulikan kesehatan serta kandungan nutrisi di dalamnya. Padahal banyak makanan seperti sayuran yang murah dan mudah ditemui namun punya segudang manfaat yang tak ternilai.

 

Salah satu umbi-umbian yang mudah dijumpai di Indonesia adalah ubi ungu. Selain punya rasa yang enak, ubi ungu juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah pembahasannya.

 

Sekilas Tentang Ubi Ungu

Ubi ungu adalah salah satu varian dari umbi ubi jalar yang diduga berasal dari Amerika Selatan tropis walaupun sebagian ahli berpendapat jika ubi jalar berasal dari papua.

 

Nama latinnya adalah Ipomoea batatas. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut sweet potato. Bagian akarnya inilah yang membentuk umbi yang kaya akan gizi karbohidrat.

 

Tumbuhan umbi ini dibudidayakan di berbagai negara tropis di seluruh dunia termasuk Indonesia. Mudah ditanam sehingga harganya pun relatif murah.

 

Di Indonesia ubi ungu cukup mudah dijumpai dan digemari oleh masyarakat walaupun bukan sebagai makanan pokok. Jika di Afrika ubi jalar dijadikan makanan pokok yang penting, di Asia ubi ungu dan juga ubi jalar lainnya daunnya sering dibuat untuk sayuran.

 

Selain itu, ubi ungu di Indonesia, olahannya selain direbus secara langsung ada juga yang diolah menjadi keripik sehingga semakin banyak digemari oleh para pecinta cemilan yang menginginkan makanan enak namun tetap sehat.

 

Ubi ungu biasanya disajikan dengan minuman seperti teh hangat dan memang lebih nikmat saat ubi ungu masih hangat ketika baru selesai direbus.

 

Namun yang terpenting adalah cara pengolahannya yang harus tetap sehat seperti merebusnya hingga benar-benar matang dan tentunya dalam kondisi yang bersih.

Baca juga : tips-menjaga-kesehatan-mata/

Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Seperti halnya sayuran jenis umbi lainnya, ubi ungu tentunya punya manfaat yang baik untuk kesehatan asalkan dikonsumsi dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Berikut adalah beberapa manfaat ubi ungu:

 

Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker sangat ditakuti semua orang. Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk mencegah kanker seperti berolahraga rutin hingga menjaga pola makanan. Salah satu makanan sehat untuk mencegah kanker adalah ubi ungu. Ubi ungu diketahui dapat mencegah penyakit kanker sebab umbi-umbian ini memiliki kandungan antioksidan.

 

Nah, antioksidan inilah yang dapat menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kanker. Penelitian juga menunjukan jika ubi ungu mengurangi pertumbuhan sel kanker. Rasanya yang enak juga bisa jadi cara yang nikmat untuk mencegah penyakit kanker.

 

Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi jika dilihat secara sekilas memang tidak seberbahaya kanker. Akan tetapi justru jika dianggap sepele akan tetap berbahaya dan memicu gejala lainnya. Ada berbagai cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yaitu dengan mengkonsumsi ubi ungu. Karena seperti yang diketahui jika salah satu manfaat ubi ungu adalah menurunkan hipertensi. Ubi ungu dinilai mampu menurunkan tekanan darah dengan tetap dalam tekanan darah yang normal.

 

Cocok Untuk Diet

Program diet atau upaya mengurangi berat badan memang tidak bisa disebut mudah. Akan tetapi banyak orang berhasil dengan program dietnya karena mampu menerapkan pola makan yang benar tanpa harus menyiksa diri dengan mengurangi porsi makanan secara berlebihan.

 

Tentunya bagi anda yang sedang diet ingin terus merasa kenyang tanpa harus bertambah berat badan. Nah, manfaat ubi ungu salah satunya adalah baik untuk diet atau mengurangi berat badan. Kenapa bisa demikian? Itu karena ubi ungu tidak memiliki lemak yang tinggi seperti halnya daging. Akan tetapi di lain sisi ubi ungu akan membuat kenyang lebih lama karena kandungan serat yang tinggi. Antosianin dalam ubi ungu juga membantu metabolisme dalam tubuh.

 

Menjaga Imunitas

Di saat seperti sekarang ini. Penting bagi kita untuk menjaga imunitas tubuh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Siapapun dapat terserang penyakit jika tak menjaga kesehatan dengan baik. Nah, manfaat ubi ungu berikutnya adalah menjaga imunitas tubuh agar tak mudah terserang berbagai penyakit.

 

Dalam ubi ungu juga terdapat kandungan antisianin serra polifenol yang bisa menekan stres. Kandungan inilah yang juga mampu menangkal radikal bebas dan kekebalan tubuh juga meningkat sehingga tidak mudah sakit.

 

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Manfaat ubi ungu yang selanjutnya adalah mencegah penuaan dini atau penuaan fisik pada kulit sebelum waktunya. Saat ini banyak orang mencari berbagai cara untuk merawat kulit agar terhindar dari penuaan dini baik itu secara alami maupun secara instan. Ternyata ubi ungu adalah salah satu cara untuk membantu hal tersebut. Antioksidan dalam ubi ungu tak hanya mampu menjaga imunitas tapi juga memperlambat penuaan sel-sel tubuh seperti keriput, flek hitam, garis halus, dan bintik-bintik.

 

Mencegah Diabetes

Penderita diabetes di Indonesia tidak sedikit dan penyakit ini sebenarnya sangat bisa dicegah. Tingginya konsumsi gula berlebih menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes. Jadi harus pintar-pintar dalam memilih makanan.

 

Ubi ungu selain baik sebagai makanan untuk mencegah diabetes juga baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Ya, ubi ungu bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang aman dan sehat bagi para penderita diabetes. Ubi ungu dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap normal.

 

Mencegah Peradangan dan Pembekuan Darah

Manfaat ubi ungu lainnya adalah dapat membantu mencegah peradangan dan juga mencegah pembekuan darah. Seperti yang diketahui jika ubi ungu terdapat kandungan anti-inflamasi atau anti peradangan. Karena ubi ungu ini bisa menurunkan produksi zat yang bernama TNF-alfa. Dengan TNF-alfa yang rendah inilah yang mampu terjadinya inflamasi seperti radang sendi, radang tenggorokan, dan peradangan lainnya yang dapat diredakan dengan mengkonsumsi ubi ungu secara rutin.

 

Selain mencegah inflamasi, mengkonsumsi ubi ungu juga dapat mencegah pembekuan darah. Pembekuan darah adalah hal yang sangat fatal dan harus dihindari. Salah satu caranya adalah mengkonsumsi ubi ungu secara rutin dengan cara diolah dengan baik dan benar. Ini dikarenakan dalam ubi ungu terkandung zat bernama klorogenik. Zat inilah yang bisa mencegah pembekuan darah dengan cara menekan pembentukan benang-benang fibrin dan mengurangi resiko pembekuan darah.

 

Penutup

Nah, itulah pembahasan tentang manfaat ubi ungu bagi kesehatan. Ternyata, salah satu umbi-umbian yang tumbuh subur di Indonesia ini memang punya banyak manfaatnya. Meskipun harganya relatif murah dan mudah didapat, manfaat yang didapatkan dari ubi ungu sama sekali tidak murahan.

 

Akan tetapi sekali lagi, yang perlu diperhatikan adalah mengkonsumsi ubi ungu haruslah dibarengi oleh pola hidup yang sehat lainnya seperti olahraga teratur agar semua manfaatnya terserap dengan baik. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tinggalkan komentar