Cara Menurunkan Kolesterol Yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit kolesterol tidak bisa dipandang sepele karena memiliki efek yang cukup membahayakan. Meskipun pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh namun jika kadar kolesterol yang Anda miliki terlalu berlebihan juga tidak baik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol agar tetap dalam jumlah yang ideal bagi tubuh.

 

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Perlu Anda ketahui bahwa tiap-tiap orang bisa saja memiliki kadar kolesterol yang berbeda di dalamnya bergantung pada pola hidup, asupan makanan, dan kondisi yang ada di dalam tubuh. Cara paling akurat untuk mengetahui kadar kolesterol tubuh adalah melakukan pengecekan di petugas medis resmi seperti dokter ataupun puskesmas.

 

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami tinggi kolesterol, berikut adalah beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Mengurangi Asupan Lemak Jenuh Dan Juga Trans Lemak

Cara pertama yang bisa Anda gunakan jika ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengurangi asupan lemak jenuh dan juga lemak trans. Lemak jenuh merupakan salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Beberapa makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh cukup tinggi diantaranya adalah gorengan, jeroan, dan bahkan juga sejumlah makanan cepat saji.

 

Anda perlu menghindari atau minimal mengurangi asupan makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan juga lemak trans sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Meskipun gorengan dan jeroan cukup ‘enak’, namun Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan terutama karena faktor kesehatan.

 

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Olahraga Teratur

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk dipraktikkan ketika ingin menurunkan kolesterol adalah dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Olahraga seperti aerobic ataupun latihan beban yang dilakukan secara rutin, berpotensi untuk bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang berbahaya pada tubuh. Mengingat pentingnya olahraga, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin.

 

Memperbanyak Konsumsi Serat Yang Menyehatkan

Cara menurunkan kolesterol  secara alami yang bisa Anda praktikkan selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi serat. Untuk mendapatkan asupan serat yang alami dan menyehatkan, Anda bisa mengonsumsi biji-bijian, gandum, dan bahkan juga buah-buahan yang merupakan sumber serat alami. Berbekal dengan asupan serat yang cukup, berpotensi utuk menurunkan risiko penyakit jantung serta penyakit kardiovakular lainnya.

 

Mengonsumsi Buah Dan Sayur Yang Kaya Vitamin & Mineral Secara Rutin

Tips selanjutnya yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah mengonsumsi buah dan sayur secara rutin. Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan vitamin, minera, serat, dan bahkan juga antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Dengan adanya antioksidan yang tinggi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkikis oleh penyakit termasuk penyakit-penyakit kardio yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

 

Menjaga Kondisi Berat Badan Agar Tetap Ideal

Cara menurunkan kolesterol yang tidak kalah penting lainnya adalah dengan menjaga berat badan agar tetap dalam kondisi yang ideal. Pada umumnya, kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan yang Anda miliki. Meski hal ini tidak selalu demikian, namun pada umumnya terjadi seperti itu.

 

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga kadar kolesterol tubuh agar tetap dalam kondisi ideal adalah dengan menjaga berat badan agar tetap dalam kondisi yang ideal. Dengan bobot yang ideal, Anda bisa juga mendapatkan aneka manfaat kesehatan lainnya.

Baca juga : Efektif-mengobati-anemia

Demikianlah cara menurunkan kolesterol secara alami yang perlu Anda ketahui. Kini dengan beberapa tips di atas, Anda bisa lebih menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap ideal. Namun, jika kadar kolesterol Anda tinggi dan tidak mengalami penurunan, jangan ragu untuk langsung menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis yang berkompeten agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai.

 

Tinggalkan komentar