Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips menjaga kesehatan mata – Mata merupakan salah satu alat indra yang berfungsi untuk melihat. Apabila kesehatan mata anda terganggu, tentu saja anda tidak dapat melihat secara optimal. Sehingga segala aktivitas yang berkaitan dengan organ ini akan terganggu. Oleh karena itu, tentu saja anda harus menjaga kesehatan mata anda agar dapat beraktivitas secara optimal. about health

Pentingnya Menjaga Kesehatan mata

Mata adalah organ yang sangat penting bagi manusia. Hampir segala aktivitas manusia menggunakan mata. Namun, manusia kerapkali sepele dalam menjaga kesehatan mata. Sehingga timbul berbagai macam penyakit yang akan menghambat aktivitas anda, seperti rabun jauh atau dekat yang mengakibatkan anda harus menggunakan kaca mata. Beberapa orang mungkin kurang percaya diri saat menggunakan kaca mata. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan mata anda.

Tips Menjaga mata

Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga Kesehatan mata anda :

Konsumsi makanan bergizi

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum mata anda rusak, sebaiknya anda mencegah kerusakannya dengan makan makanan bergizi. Makanan bergizi yang dimaksud adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin A seperti daging sapi, susu, telur dan sayur berwarna. Vitamin A berfungsi untuk mencegah mata kering.  Selain vitamin A, makanan yang mengandung vitamin C , vitamin D, vitamin E dan beta-karoten juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Kurangi durasi menatap layar elektronik

Di zaman globalisasi seperti saat ini, teknologi yang canggih telah merambah ke berbagai kalangan. Dari orang dewasa hingga anak-anak telah terbiasa menggunakan gadget. Hal ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mata anda apabila tidak dibatasi. Oleh karena itu, anda harus dapat memanagement waktu dalam menggunakan perangkat elektronik anda. Apabila anda bekerja menggunakan perangkat elektronik, usahakan untuk mengistirahatkan mata anda dua jam sekali selama 15 menit.

Bersihkan Make up dengan baik

Make up yang menempel seharian pada wajah harus dibersihkan dengan baik. Terutama riasan pada mata karena make up yang telah menempel seharian tidak menutup kemungkinan dapat mengakibatkan iritasi pada mata anda Ketika tidak dibersihkan dengan baik.

Baca juga : cara mengobati anemia

Jangan mengucek mata

Mengucek mata mungkin dapat memberikan anda kepuasan tersendiri ketika mata anda terasa gatal. Namun, anda harus menghindari hal tersebut. Tangan anda mungkin saja kotor sehingga dapat menginfeksi mata saat anda menguceknya.

Beri ruangan pencahayaan yang cukup

Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun, pencahayaan pada ruangan anda sangat berpengaruh terhadap Kesehatan mata anda. Hindari cahaya redup saat membaca buku. Usahakan penerangan dalam ruangan anda cukup ketika anda membaca. Kedipkan mata apabila anda sudah terlalu lama menatap buku atau layar yang anda baca.

Hati-hati dalam memilih dan menggunakan lensa kontak

Bagi anda yang memiliki masalah pada mata, tak jarang lebih memilih menggunakan lensa kontak dibandingkan dengan kaca mata. Namun, anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaan lensa kontak. Karena penggunaan lensa kontak ini berhubungan langsung dengan kornea mata anda. Pilih jenis lensa kontak yang baik dan hati-hati dalam menggunakannya. Pastikan tangan anda bersih saat akan memakainya. Pastikan juga anda sudah mencopotnya sebelum anda tidur.

Hal-hal di atas dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anda. Ingatlah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

 

Tinggalkan komentar