Tips Mencegah Gigi Berlubang

Tips mencegah gigi berlubang – Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi begitu lirik lagu yang sering kita dengar. Lirik tersebut menggambarkan betapa menderitanya orang yang mengalami sakit gigi. Sakit gigi dapat diakibatkan berbagai macam faktor, salah satunya adalah gigi berlubang.

Pentingnya menjaga gigi agar tidak berlubang

 

Gigi merupakan organ yang berperan dalam proses pencernaan untuk mengunyah makanan. Apabila gigi berlubang, tentu saja hal itu dapat menghambat proses pencernaan khususnya dalam mengunyah makanan. Makanan yang masuk ke dalam lubang pada gigi dapat mengakibatkan ngilu yang terasa sangat mengganggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegah gigi agar tidak berlubang.

Tips mencegah gigi berlubang

Berikut hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang :

Perhatikan makanan yang anda makan

Gigi berlubang dapat diakibatkan oleh makanan yang anda makan. Beberapa makanan berpotensi untuk menimbulkan lubang pada gigi anda. Misalnya makanan manis seperti permen dan cokelat yang menempel pada celah gigi anda. Bakteri yang terdapat pada rongga mulut akan mengubah sisa makanan manis tersebut menjadi zat yang bersifat asam. Hal ini akan mengakibatkan terkikisnya lapisan terluar (enamel) gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Sikat gigi sesudah makan

Menyikat gigi berfungsi untuk membersihkan gigi dari kotoran atau sisa makanan yang menumpuk pada celah gigi dan mulut. Hal ini dapat anda lakukan agar gigi anda tetap bersih. Namun, terkadang tidak memungkinkan bagi anda untuk menyikat gigi setiap kali selesai makan. Oleh karena itu, dianjurkan agar berkumur setelah selesai makan untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel pada gigi. Menyikat gigi juga harus dilakukan dengan benar. Cara menyikat gigi yang salah dapat menyebabkan gigi keropos. Aih-alih membersihkan gigi, anda justru akan merusak gigi anda.

Baca juga : Tips Berat Badan Ideal.

Gunakan cairan pembersih mulut

Mengapa anda harus menggunakan cairan pembersih mulut? Sama halnya dengan menyikat gigi, cairan pembersih mulut juga berfungsi untuk membersihkan mulut, terutama gigi dari sisa makanan. Namun, kerap kali sikat gigi yang anda gunakan tidak mampu menjangkau celah gigi bagian dalam, misalnya pada gigi geraham. Bentuknya yang unik dan beralur menyebabkan sikat gigi anda sulit menjangkaunya. Oleh karena itu, diperlukan berkumur dengan cairan pembersih mulut agar terhindar dari sisa makanan pada bagian mulut yang sulit dijangkau.

Perhatikan kandungan pasta gigi anda

Pasta gigi yang mengandung fluoride akan melindungi bagian terluar (enamel) gigi anda dari zat asam yang diproduksi oleh bakteri. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan kandungan yang terdapat dalam pasta gigi anda.

Ganti permen anda dengan permen karet xylitol

Kebiasaan mengunyah permen dapat mengakibatkan gigi berlubang. Namun, berbeda halnya dengan permen yang satu ini. Permen karet yang mengandung xylitol mampu menghambat bakteri pathogen menempel pada gigi. Selain itu, permen karet xylitol dapat meningkatkan produksi air liur sehingga keasaman plak pada gigi dapat dinetralisir.

Periksa gigi secara rutin

Selain berbagai tips di atas, anda dapat memeriksakan Kesehatan gigi dan mulut anda secara rutin ke dokter gigi. Dengan memeriksakan gigi ke dokter gigi anda dapat mendeteksi kerusakan gigi anda lebih dini sehingga dapat dilakukan penangan lebih awal terhadap gigi anda.

Hal-hal tersebut dapat anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang. Ingatlah bahwa Tindakan pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati.

Tinggalkan komentar