Manfaat Jalan Kaki yang Ternyata Luar Biasa

Jalan kaki. Sebuah kegiatan yang sederhana dan dilakukan manusia setiap hari. Tapi tahukah anda banyak orang yang malas berjalan kaki untuk jarak yang cukup jauh dan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan? Padahal manfaat jalan kaki sendiri ada banyak dan jalan kaki harus rutin dilakukan dengan jarak dan jumlah langkah tertentu supaya tetap sehat.

 

Di Indonesia sendiri banyak yang lebih memilih menggunakan kendaraan seperti motor ketimbang jalan kaki walaupun jaraknya tidak terlalu jauh. Ambil contoh jarak 200 meter sebenarnya tidaklah terlalu jauh tapi masih saja ada yang malas jalan kaki untuk menempuhnya.

 

Dibandingkan dengan negara maju seperti di Jepang, di sana orangnya tak cuma rajin bersepeda tapi juga jalan kaki. Mereka sadar betapa bermanfaatnya jalan kaki bagi kesehatan.

 

Dari keterangan yang dilansir dari beberapa sumber. Jalan kaki yang normal dan dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 30 hingga 60 menit setiap harinya. Hal tersebut akan berdampak baik untuk tubuh serta pikiran. Ya, manfaat jalan kaki ternyata benar-benar ada.

 

Maka dari itu kita harus membiasakan diri untuk berjalan kaki setiap hari dan buang jauh-jauh rasa malas yang melanda. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Baca juga : diet-sehat-dan-tidak-berbahaya

Deretan Manfaat Jalan Kaki Yang Harus Anda Ketahui:

Menjaga Kesehatan Jantung

 

Manfaat jalan kaki yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Kita tahu bahwa jantung adalah salah satu organ tubuh paling vital yang dimiliki oleh manusia. Dari itu wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi penyakit terhadap jantung bisa menyebabkan hal yang fatal. Berdasarkan medis, berjalan kaki bisa mengurangi penyakit kardiovaskular dan bahkan mengurangi risiko kematian hingga 32 persen. Manfaat yang sebenarnya cukup besar. Tak usah berjalan terlalu cepat, berjalanlah dengan santai.

 

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jalan kaki berikutnya adalah berhubungan dengan program diet yaitu menurunkan berat badan. Ya, berjalan kaki adalah salah satu tahapan diet yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. Berjalan kaki juga bisa menurunkan obesitas atau kelebihan berat badan. Dengan berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah bisa meningkatkan pembakaran lemak dan mempengaruhi penurunan berat badan dengan efektif. Bahkan diperkirakan jika anda berjalan kaki minimal 10.000 langkah, anda bisa menurunkan berat badan anda hingga 2 kilogram.

 

Menjaga Kesehatan Sendi

Sendi merupakan salah satu yang terpenting dalam rangkaian tubuh manusia. Banyak orang di usia tertentu yang mulai merasakan sakit di bagian sendi dan mengganggu aktifitas. Dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan sendi, apalagi di usia yang masih muda. Salah satu cara menjaganya adalah dengan rajin berjalan kaki. Karena ketika melakukan aktivitas jalan kaki, akan ada serangkaian gerakan yang kita lakukan dan hal itu akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar di seluruh tubuh dan menyehatkan sendi dan otot kita.

 

Cairan sendi juga akan berproduksi ketika kita menggunakannya. Nah, cairan sendi inilah yang mengandung nutrisi penting agar sendi tetap sehat. Sebaliknya jika jarang jalan kaki, maka cairan ini juga akan semakin sedikit dan berpengaruh buruk pada kualitas sendi kita.

 

Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Manfaat jalan kaki yang berikutnya adalah berhubungan dengan kesehatan pikiran yaitu mengurangi stres dan meningkatkan mood yang positif. Ya, selain tubuh yang sehat tentunya kesehatan pikiran juga harus dijaga dan sama pentingnya.

 

Setiap manusia pasti pernah mengalami stres dan kecemasan. Jalan kaki adalah salah satu cara untuk menguranginya. Berjalan kaki dengan waktu setidaknya selama 10 menit kemungkinan akan sama efektifnya dengan olahraga biasa selama empat puluh menit untuk menurunkan kekhawatiran. Karena dengan banyak bergerak, kadar hormon stres dapat menurun dan kekhawatiran yang berlebihan pun akan ikut menurun.

 

Selain dapat mengurangi stres, manfaat jalan kaki lainnya adalah meningkatkan mood positif dengan mempengaruhi otak untuk mengatur suasana hati.

 

Kualitas Tidur Terjaga

Banyak orang di luaran sana  yang kesulitan menjaga pola tidur yang baik bahkan ada yang kualitas tidurnya rendah dan mengganggu aktivitas. Salah satu menjaga kualitas tidur adalah dengan berjalan kaki. Dengan rutin berjalan kaki rutin minimal 10.000 langkah setiap harinya, maka jam dan kualitas tidur akan lebih baik. Sebenarnya harus seimbang. Di mana jika seorang istirahatnya berkualitas maka aktivitasnya pun akan berkualitas dan aktif secara fisik. Itu akan menyebabkan tidur lebih baik dan nyenyak karena tubuh cenderung merasa capek.

 

Menurunkan Resiko Diabetes

Ada banyak cara untuk mencegah diabetes mulai dari pola makan dengan menghindari makanan dengan kadar gula yang tinggi hingga mengkonsumsi sayuran tertentu. Sementara itu untuk aktivitas, jalan kaki adalah cara yang paling sederhana dalam menurunkan resiko diabetes. Karena dengan jalan kaki minimal 30 menit setiap hari bisa meningkatkan kontrol kadar gula darah dan membantu manajemen insulin untuk diabetes Tipe 2. Jalan kaki juga akan membuat sel-sel di dalam tubuh menggunakan glukosa yang tidak terpakai dengan baik serta membantu menurunkan resiko kelebihan berat badan atau obesitas.

 

Menguatkan Otot

Selain memperkuat sendi, jalan kaki juga bisa mendatangkan manfaat lainnya yaitu menguatkan otot. Jalan kaki bisa membantu membuat otot kaki menjadi lebih kuat. Agar dapat mencapai hasil yang lebih maksimal anda bisa berjalan dengan kecepatan sedang sampai cepat. Manfaatkanlah waktu senggang anda untuk berolahraga jalan kaki walaupun hanya berjalan santai. Jangan terlalu lama bermalas-malasan atau rebahan karena itu tidak baik dan akan membuat otot menjadi pasif serta akan kaget ketika digunakan aktivitas fisik tinggi yang dilakukan secara tiba-tiba.

 

Tips Dalam Berjalan Kaki

Jika anda ingin mulai membiasakan diri berjalan kaki untuk mendapatkan manfaatnya perlu diperhatikan beberapa tips singkat berikut ini:

Jangan Terburu-buru

Hal yang pertama yang harus diperhatikan jika anda belum terbiasa dalam olahraga jalan kaki adalah jangan memaksakan diri langsung 10.000 langkah karena justru akan kaget dan melelahkan. Cobalah secara bertahap terlebih dahulu. Misalkan di hari pertama bisa dicoba 2000 langkah terlebih dahulu dan setiap harinya bertambah 2000 langkah hingga 10.000 langkah. Alat yang bisa digunakan adalah penghitung langkah kaki yang tersemat di smartphone anda.

Cobalah Dengan Jarak Tertentu

Contohnya jika tempat anda membeli makanan jaraknya 300 meter dari rumah anda, maka alangkah baiknya membiasakan diri untuk berjalan kaki dalam menempuhnya, alih-alih menggunakan kendaraan bermotor. Selain menghemat bahan bakar juga bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Pulang pergi untuk membeli makan saja anda sudah berjalan sekitar 600 meter. Tentu saja jika jaraknya terlalu jauh maka jangan dipaksakan.

 

Waktu Yang Tepat

Waktu yang tepat untuk berolahraga jalan kaki baik itu jalan cepat maupun berjalan santai idealnya adalah di pagi hari karena suasana yang masih sejuk dan juga badan yang masih segar. Lakukanlah minimal 30 menit sehari jika dilakukan di pagi hari.

 

Demikianlah pembahasan tentang manfaat jalan kaki. Lakukanlah dengan bijak dan jangan lupa dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya. Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah, murah (bahkan gratis) namun di sisi lain banyak manfaatnya seperti yang sudah disebutkan di atas.

Tinggalkan komentar