9 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Vitamin C adalah kandungan vitamin yang sangat penting bagi manusia. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang banyak terkandung di berbagai makanan terutama dalam buah-buahan. Peranan vitamin C tentunya sangat berguna bagi tubuh dan akan bahaya jika kita kekurangan vitamin C. Artikel ini akan membahas tentang buah dengan kandungan vitamin C tinggi.

 

Meski ada berbagai suplemen makanan vitamin C, tapi sebenarnya vitamin ini mudah didapatkan dari buah-buahan. Ada beberapa buah yang mengandung vitamin C yang tinggi. Tapi sebelum kita membahas tentang buah yang mengandung vitamin C yang tinggi, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa saja manfaat dan kegunaan vitamin C itu sendiri.

 

Manfaat dan Kegunaan Vitamin C

Seperti yang sudah disebutkan di atas, vitamin C atau dengan nama lain disebut sebagai asam askorbat adalah jenis kandungan nutrisi yang tidak larut dalam air. Selain itu vitamin C juga tidak diproduksi secara otomatis dalam tubuh. Jadi harus didapatkan pada buah-buahan dan sayuran serta dari suplemen vitamin C yang dijual bebas di pasaran. Vitamin C tentunya sangat diperlukan untuk menjaga fungsi kerja organ tubuh kita dan membantu menjaga imunitas. Berikut ini adalah kegunaan dan manfaat Vitamin C:

 

 

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu proses recovery. Penyakit ringan seperti batuk pilek dapat dicegah jika kebutuhan vitamin C dalam tubuh tercukupi. Selain itu vitamin C juga dianggap efektif untuk mencegah demam berdarah. Antioksidan dalam vitamin C dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan menghambat risiko penyakit lainnya seperti penyakit kanker dan penyakit jantung.
  • Kegunaan vitamin C untuk kulit adalah berperan penting dalam memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka. Manfaat lainnya adalah untuk memperlambat proses penuaan, mencegah keriput, dan menjaga kesehatan dan keremajaan serta mencerahkan kulit.
  • Vitamin C bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan hal tersebut, maka dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Adapun manfaat lainnya adalah dapat mencegah katarak dan juga penyakit empedu.
  • Manfaat vitamin C yang dikenal oleh masyarakat luas adalah dapat mencegah sariawan dan panas dalam. Sariawan ini memang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi alangkah nikmatnya jika kita terus terhindar dari sariawan yaitu dengan memenuhi asupan vitamin C.

Dari mana kita dapat menemukan kandungan vitamin C? Tentunya saja bisa dari buah-buahan yang enak untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah pembahasannya berdasarkan data yang dilansir dari laman myfooddata.com dan healthline.com.

 

Baca juga : berikut-tips-menjadikan-berat-badan-ideal

 

Nanas

Nanas adalah salah satu buah tropis yang dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Rasanya yang enak dan segar disukai banyak orang. Setengah buah nanas saja bisa memiliki kandungan vitamin C sebesar 39 hingga 49 gram. Selain itu, buah nanas juga dikenal karena kandungan bromelain. Apa itu bromelain? Bromelain adalah zat enzim pencernaan yang berperan dalam memecah protein dalam makanan serta dapat mengurangi kembung. Bromelain juga bisa berperan sebagai antiradang.

 

Mangga

Buah dengan kandungan vitamin C tinggi selanjutnya adalah mangga. Setiap setengah buang mangga yang berukuran sedang saja anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga sekitar 70%. Buah mangga juga mempunyai kandungan antioksidan polifenol yang dapat mencegah kanker usus besar dan kanker payudara.

 

Leci

Leci merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C tinggi. Setiap satu buah leci mengandung hingga hampir 7 mg vitamin C atau sekitar 7,5 % dari jumlah kebutuhan harian vitamin C. Buah ini juga memiliki kandungan omega 6 dan omega 3 yang berguna untuk memelihara kesehatan jantung, otak, dan juga pembuluh darah karena buah leci mengandung sintesis kolagen. Perlu diketahui jika asupan vitamin C tinggi dapat membantu mencegah terjadinya stroke.

 

Lemon

Lemon sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C tinggi ini pada jaman dulu ketika era pelayaran dunia sering diberikan pada pelaut untuk mencegah berbagai penyakit yang sering diderita ketika berlayar termasuk penyakit kudis. Di era sekarang ini buah lemon biasa diolah sebagai bentuk minuman yang menyegarkan. Setiap satu buah lemon utuh mengandung vitamin C sebanyak 83 mg atau sekitar 92% kebutuhan harian. Sangat tinggi bukan? Lemon juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Anggur Hitam

Berikutnya adalah anggur hitam. Buah ini sama halnya dengan Lemon juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena gulanya relatif aman. Setiap 56 gram anggur hitam mempunyai kandungan vitamin C sebesar 101 vitamin C. Jumlah tersebut setara sekitar 112% dari kebutuhan harian yang dianjurkan. Kandungan flavonoid dalam anggur juga dapat membantu menangkal radikal bebas. Sehingga mencegah berbagai penyakit termasuk mencegah kerusakan saraf.

 

Jambu Biji

Buah dengan kandungan vitamin C tinggi selanjutnya adalah jambu biji. Setiap satu buah jambu biji memiliki kandungan vitamin c hingga 200 mg. Merupakan kandungan yang cukup tinggi bukan? Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan melebihi kandungan serat pada buah jeruk.

 

Stroberi

Buah yang menjadi favorit banyak orang ini sering dijadikan topping jam untuk roti dan juga sering dijadikan jus. Buah dengan kandungan vitamin C tinggi ini setiap 140 mg memiliki kandungan vitamin C hingga 100 mg. Buah ini juga memiliki kandungan asam folat, dan serat mineral seperti magnesium dan kalium yang membantu menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu stroberi ternyata mengandung antioksidan.

 

Kakadu Plum

Sebagian dari anda mungkin merasa asing dengan nama buah yang satu ini. Kakadu plum sendiri adalah tumbuhan liar khas Australia bagian utara berbentuk kecil dengan rasanya yang asam. Kakadu plum juga dikenal dengan nama gubunge atau murunga. Sejak dulu kala digunakan oleh masyarakat Australia untuk pengobatan tradisional. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yaitu 5300 mg di setiap 100 gram kakadu plum. Jumlah tinggi ini setara dengan 530% kebutuhan harian yang dianjurkan. Kakadu plum juga memiliki kalium dan kandungan vitamin E serta antioksidan lutein yang berguna menjaga kesehatan mata.

 

Acerola Ceri

Acerola Ceri sama halnya dengan kakadu plum yang mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Nama lainnya adalah Ceri Barbados dan merupakan tumbuhan perdu tropis berbuah. Meski namanya ceri namun buah ini tidak berkerabat dengan ceri biasa. Hanya dengan 49 gram ceri acerola, kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya adalah 822 mg. Jumlah tersebut setara dengan sekitar 913% dari jumlah asupan harian yang dianjurkan dan termasuk sangat tinggi.

 

Penutup

Itulah pembahasan tentang buah dengan kandungan vitamin C tinggi. Selain buah yang di atas, juga terdapat buah-buahan lainnya seperti jeruk dan apel. Selain mengkonsumsi buah. Vitamin C juga bisa didapat dari sayuran segar dan bisa ditambah dengan suplemen vitamin C bila perlu. Tersedia suplemen vitamin C yang dijual bebas di pasaran terutama dalam bentuk minuman. Namun yang terpenting adalah bagaimana cara kita agar tetap memenuhi asupan vitamin C dengan cara yang sehat.

Tinggalkan komentar