Mengenal Yoghurt Serta 9 Manfaat Youghurt yang Baik

Yoghurt adalah salah satu produk makanan olahan dari susu selain keju. Yoghurt sebenarnya bisa dibuat sendiri namun sekarang ini lebih mudah menemukan Yoghurt dalam kemasan yang dijual di pasaran. Mulai dari Yoghurt biasa hingga berbentuk minuman. Biasanya minuman Yoghurt dicampur dengan minuman rasa buah yang menyegarkan.

 

Tapi tahukah anda jika Yoghurt selain enak juga menyimpan banyak manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata?

 

Sekilas Tentang Yoghurt

 

Kata yoghurt berasal dari bahasa turki. Yoghurt sebagai produk olahan susu fermentasi ini sebenarnya tidak hanya bisa dibuat dari susu sapi saja melainkan dari susu hewan lain termasuk kambing dan bahkan bisa dibuat dari kacang kedelai. Proses fermentasi pada gula susu atau yang disebut laktosa dapat menghasilkan asam laktat yang mengubah protein susu dan menghasilkan tekstur kenyal dan aroma khas pada Yoghurt. Selain rasa original, yoghurt juga terdapat varian rasa lain termasuk rasa buah-buahan, vanilla, cokelat, dll.

 

Yoghurt diperkirakan sudah sejak 4500 tahun yang lalu yang artinya olahan fermentasi ini sudah sangat tua. Kemudian yoghurt populer di Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tengah, Eropa bagian Tenggara, dan Eropa Tengah hingga tahun 1900an. Ahli biologis asal Rusia Ilya Mechnikov menyebutkan jika angka harapan hidup perani Bulgaria yang panjang adalah salah satunya karena konsumsi yoghurt yang tinggi. Mechnikov menyebutkan bakteri Lactobacillus penting bagi kesehatan dan mempopulerkan yoghurt di wilayah Eropa. Sementara itu industri yoghurt dimulai sejak tahun 1919 di Barcelona dan mulai menyebar ke seluruh dunia.

 

Harga yoghurt relatif murah karena cukup mudah dalam pembuatannya. Mulai dari yoghurt tradisional yang diproduksi secara rumahan dan dijual di warung-warung hingga yoghurt yang lebih modern seperti dalam bentuk minuman dalam kemasan yang dijual di minimarket dengan berbagai merk.

 

Nah, lalu apa saja sih manfaat yoghurt bagi kesehatan? Berikut ini adalah pembahasannya.

 

Manfaat Yoghurt

Memelihara Kesehatan Kulit

Manfaat yoghurt yang pertama adalah menjaga dan memelihara kesehatan kulit. Yoghurt dapat mengatasi kulit kering dan menjaga kelembapan kulit anda. Anda bisa memanfaatkan yoghurt dengan mengolahnya sebagai masker. Caranya adalah empat sendok makan yoghurt yang dicampurkan dengan satu sendok makan madu dan ditambahkan satu sendok makan cocoa. Selain itu kandungan nutrisi dalam yoghurt juga bisa membuat kulit anda tetap sehat.

 

Baik Untuk Pencernaan dan Usus

Manfaat yoghurt yang paling umum dan paling sering disebutkan adalah untuk kesehatan pencernaan dan juga baik untuk usus. Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang dapat membantu membasmi bakteri jahat yang bisa menyebabkan berbagai penyakit di saluran pencernaan terutama di usus. Yoghurt juga dikenal mampu memperlancar pencernaan seperti bab yang lebih lancar.

 

Membantu Memulihkan Kondisi Tubuh

Menjaga kesehatan adalah dengan rutin berolahraga minimal dua kali dalam seminggu. Hal tersebut akan lebih baik jika dibarengi dengan mengkonsumsi yoghurt yang dapat membantu memulihkan kondisi tubuhmu yang lelah setelah berolahraga. 200 ml minuman yoghurt saja cukup untuk setiap setelah melakukan aktivias olahraga.

 

Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat yoghurt lainnya yang diketahui adalah untuk tulang dan gigi. Seperti yang sudah diketahui jika yoghurt mengandung kalsium yang tinggi dan kalsium inilah yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Yoghurt juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Nutrisi vitamin D inilah yang membantu tubuh kita menyerap kalsium dengan lebih baik. Konsumsi yoghurt yang rutin bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis di usia tua.

 

Memperkuat Imunitas

Sangat penting agar tubuh memiliki imunitas yang tinggi. Ada banyak makanan dan minuman yang dapat meningkatkan imun tubuh. Salah satu manfaat yoghurt diantaranya adalah memperkuat imunitas tubuh kita. Inu karena yoghurt mengandung gizi dan nutrisi mineral yang dapat membantu memproduksi sel T. Apa itu sel T? Merupakan salah satu sel darah putih yang terdapat dalam tubuh yang bertugas untuk melawan penyakit. Diperlukan setidaknya 400 gram yoghurt setiap harinya supaya meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas.

Sumber Protein dan Menurunkan Berat Badan

Jika anda memerlukan banyak protein maka yoghurt adalah olahan susu fermentasi yang di dalamnya terkandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, jumlah protein tergantung dari jenis yoghurt itu sendiri. Yoghurt dengan jumlah kandungan protein tertinggi adalah yoghurt Yunani atau greek yoghurt. Yoghurt biasa hanya terdapat sekitar sembilan gram protein. Sementara dalam greek yoghurt setiap 6 ons-nya terdapat 15-20 gram protein dan itu setara dengan 3 ons daging yang tanpa lemak. Untuk itu, sangat penting untuk melihat informasi nilai gizi di bagian label produk saat anda membeli produk yoghurt.

 

Selain itu, yoghurt termasuk dalam cemilan yang sehat dan tidak bikin gemuk. Sebab yoghurt mengandung protein, probiotik, hingga kalsium. Hal tersebut dapat membuat hormon anri lapar. Yoghurt juga bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol.

 

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat yoghurt yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi. Penelitian menyebutkan jika orang dewasa mengkonsumsi yoghurt dengan dua sampai tiga porsi dalam sehari atau lebih, bisa mengalami penurunan tekanan darah sampai 50%. Hal ini berbeda dengan mereka yang tidak mengkonsumsi yoghurt. Ini dikarenakan yoghurt memiliki kandungan kalium yang membantu membuang natrium berlebih dari tubuh.

 

Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Seperti halnya makanan sehat lainnya, yoghurt juga merupakan sumber yang kaya akan vitamin dan mineral dan tentunya semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Yoghurt mengandung oleh asupan nutrisi vitamin B kompleks. Selain itu terdapat nutrisi mineral lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, zat besi, dan juga selenium. Sementara itu kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam yoghurt juga dapat membantu sistem saraf berfungsi dengan baik dan juga mencegah dari penyakit jantung yang berbahaya.

 

Baca juga : tips-menjaga-kesehatan-mata

 

Apa Itu Greek Yoghurt?

Seperti yang disebutkan di atas, jika greek yoghurt adalah salah satu jenis Yoghurt yang memiliki kandungan protein tertinggi dan cocok bagi anda yang membutuhkan asupan protein yang lebih. Jenis yoghurt yang satu ini sebenarnya bisa ditemui di minimarket hingga supermarket dengan berbagai merk yang ada. Dari segi tekstur, greek yoghurt juga berbeda dengan yoghurt biasa yaitu lebih kental namun tetap lunak.

 

Selain memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, greek yoghurt juga memiliki nutrisi lainnya yang lebih tinggi seperti kalsium yang juga lebih tinggi. Yoghurt jenis ini juga rendah laktosa sehingga relatif aman dikonsumsi oleh orang yang intoleran terhadap laktosa.

 

Greek yoghurt juga memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang dalam program menurunkan berat badan atau diet.

 

Itulah pembahasan secara singkat bagaimana manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh. Rutin mengkonsumsi yoghurt dibarengi dengan gaya dan pola hidup sehat tentunya akan memberikan dampak positif. Yang terpenting adalah harus teliti sebelum membeli yoghurt seperti tanggal kadaluarsa. Selain itu, anda juga bisa membuat yoghurt sendiri di rumah yang tutorialnya tersedia di internet.

Tinggalkan komentar