7 Sayuran dengan Serat Tinggi dan Manfaatnya

Serat merupakan kandungan zat yang dibutuhkan oleh manusia. Karena jika kita kekurangan serat maka akan datang sejumlah masalah kesehatan. Artikel ini akan membahas secara singkat apa itu serat kemudian apa saja yang termasuk sayuran dengan serat tinggi dan tentu disertai dengan apa saja manfaatnya.

 

Apa Itu Serat?

Serat merupakan karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Hal ini berbeda dengan karbohidrat biasa ataupun protein dan lemak yang bisa dipecah oleh organ tubuh. Dengan kata lain serat hanya melewati organ pencernaan anda setelah makan lalu dikeluarkan kembali saat proses bab.

 

Ada dua jenis serat. Yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat yang tak larut biasanya akan menciptakan gel dan membantu pencernaan menjadi lancar. Sedangkan serat yang tak larut bisa menarik air ke dalam feses sehingga feses dapat menyerap cairan dan menjadi lunak. Hal itu akan menjadikan feses lebih mudah untuk keluar saat proses pencernaan.

 

Mana yang lebih baik? Keduanya sama-sama bagus. Karena toh makanan yang mengandung serat tinggi sudah mempunyai dua jenis serat itu.

 

Alasan Serat Penting Bagi Tubuh

Berikut ini adalah manfaat serat yang diperlukan oleh tubuh:

Membantu Lancarnya Pergerakan Usus

Salah satu fungsi serat adalah meningkatkan ukuran dan berat kotoran atau feses dan juga melunakan teksturnya. Sekedar info, feses yang lebih besar lebih mudah saat melewati organ pencernaan. Hal ini sangat penting untuk mencegah sembelit atau susah buang air besar dan otomatis juga mencegah anda terkena wasir. Sebaliknya, jika feses terlalu lunak dan berair, maka serat dalam kotoran bisa menyerap air dan membuat feses teksturnya lebih padat.

 

Manfaat serat bagi usus lainnya adalah menjaga usus dari berbagai penyakit. Rajin mengonsumsi makanan berserat secara rutin akan menurunkan risiko terkena ambeien dan penyakit lainnya seperti divertikular. Berbagai penelitian menyebutkan serat bisa menurunkan risiko terkena kanker kolokteral atau kanker usus besar.

 

Menurunkan Berat Badan

Pada jenis serat tertentu, manfaatnya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Ini dikarenakan serat bisa mengurangi tingkat nafsu makan dan sensasi kenyang yang lebih cepat. Serat juga menyerap air di usus dan memperlambat dalam penyerapan nutrisi. Akan tetapi, manfaat ini juga tergantung dari jenis serat. Karena beberapa jenis serat tidak mempunyai efek pada penurunan berat badan. Serat yang larut dalam air memiliki dampak yang cukup signifikan.

 

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat serat bagi tubuh berikutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol yang jahat di dalam tubuh. Dengan demikian, risiko penyakit yang bisa menimpa jantung akan berkurang. Penelitian juga menyebutkan makanan berserat tinggi dapat memelihara kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

 

Membantu Kendalikan Gula Darah

Diabetes adalah penyakit yang sangat dihindari oleh banyak orang. Sayangnya di Indonesia penderita diabetes justru cukup banyak. Para penderita diabetes memerlukan serat, terutama jenis serat yang larut dalam air. Hal ini dikarenakan serat bisa membantu memperlambat penyerapan gula dan turut membantu untuk mengendalikan kadar gula darah. Serat tidak larut juga disebutkan bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

 

Serat sebagai zat gizi yang dibutuhkan oleh manusia, hanya terdapat dalam sayuran dan buah. Untuk itu di bawah ini kami infokan beberapa sayuran dengan serat tinggi.

 

Jenis Sayuran dengan Serat Tinggi

Ubi Jalar

Umbi-umbian yang satu ini di setiap 100 gramnya mengandung 2,5 gram serat. Tapi kalori dalam ubi jalar lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya yaitu sekitar 90 gram. Ubi jalar mengandung beta-karoten. Zat inilah yang bisa berubah menjadi vitamin A.

Bayam

Sayuran hijau ini sudah diketahui banyak orang mengandung banyak serat. Dalam setiap 100 gram bayam, terdapat kandungan serat sebanyak 2,4 gram. Selain itu kalori dalam bayam juga relatif rendah yaitu 23 gram saja. Sayuran yang identik dengan tokoh kartun popeye ini juga diketahui menjadi sumber lutein dan zeaxanthin. Dua zat antioksidan yang baik untuk memelihara kesehatan mata.

Wortel

 

Wortel dikenal sebagai sayuran sejuta umat yang baik untuk kesehatan mata. Wortel juga merupakan sayuran dengan serat tinggi. Sayuran yang disukai oleh kelinci ini memiliki serat 2,8 gram di setiap 100 gramnya. Sementara itu jumlah kalori wortel adalah 41 gram. Sama seperti ubi jalar, wortel juga mengandung beta-karoten yang merupakan zat untuk kesehatan mata.

Kubis

Sayuran dengan serat tinggi selanjutnya adalah kubis. Sayuran ini yang masih punya hubungan kekerabatan dengan kembang kol ini memiliki 2 gram serat di setiap 89 gramnya. Kalorinya? Sangat rendah yaitu 22 gram. Tak hanya kaya akan serat, kubis juga memiliki vitamin C. Di setiap 89 gram kubis, mampu memenuhi 85% kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan.

 

Brokoli

Sudah menjadi hal yang umum jika sayuran ini menyimpan banyak manfaat. Selain itu brokoli juga menjadi sayuran favorit banyak orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, karena kalorinya yang rendah yaitu 35 gram. Setiap 100 gram brokoli, terdapat kandungan serat sekitar 2,6 gram. Selain menjadi sayuran dengan serat tinggi, brokoli juga memiliki kandungan protein tinggi yaitu 2,4 gram.

 

Kembang Kol

Sayuran yang harganya sangat murah ini punya manfaat yang sama sekali tidak murahan. Kembang kol yang sering dijadikan sajian bersama sup wortel ini kaya akan nutrisi. Setiap 128 gram kembang kol, terdapat 3 gram serat di dalamnya. Sedangkan kalori dengan berat yang sama adalah 25 gram. Jumlah kalori yang cukup rendah sehingga cocok untuk diet. Kembang kol juga diketahui mengandung kolin. Zat tersebut berperan untuk neuroteansmitter dan secara tidak langsung menjaga kesehatan sistem saraf.

 

Okra

Sayuran ini memang kurang begitu kenal di Indonesia. Okra atau bendi sendiri adalah sayuran yang berasal dari Ethiopia. Meski kurang terkenal, okra adalah sayuran dengan serat tinggi dan punya manfaat yang penting. Setiap 100 gram sayuran ini, terdapat 3 gram serat. Jumlah yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan kalorinya yang hanya 33 gram. Tak hanya tinggi serat okra juga menjadi gudang nutrisi karena merupakan sumber beberapa vitamin. Termasuk vitamin C dan K1. Seperti yang diketahui vitamin C berperan untuk sistem imun. Sedangkan vitamin K1 berperan dalam pembekuan darah.

Baca juga : 9-buah-dengan-kandungan-vitamin-c-tinggi

Penutup

Demikian pembahasan tentang sayuran dengan tinggi serat. Sebenarnya cukup mudah agar kita memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Yaitu dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat dan sayuran tersebut mudah dijumpai di sekitar kita. Tentunya selain daftar di atas, masih banyak jenis sayuran lainnya yang bisa menjadi rekomendasi. Sebut saja seperti kacang-kacangan, dll.

 

Selain sayuran, kebutuhan serat juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu dan lebih bagus lagi jika dua-duanya tercukupi.

Tinggalkan komentar