Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan 5 Cara Menikmatinya

 

Madu. Sebuah olahan yang berasal dari lebah dan telah lama dibudidayakan, sejak zaman dahulu kala madu memang terkenal dengan khasiatnya yang terbilang besar untuk kesehatan. Dalam pembahasan kali ini akan diulas secara singkat apa itu madu dan manfaat madu apa saja yang bisa berdampak positif pada tubuh manusia.

 

Sekilas Tentang Madu

Madu merupakan cairan alami yang dihasilkan oleh hewan lebah yang awalnya berasal dari nektar bunga. Cairan ini mengandug banyak zat gula dan rasanya sangat khas. Lebah madu menghisap sarang nektar dan kemudian nektar dikeluarkan dari kantung madu lalu dikunyah. Jika nektar tersebut sudah halus maka ditempatkan pada sel. Apabila sel sudah penuh maka akan tertutup dan terjadilah fermentasi.

 

Madu yang merupakan hasil hutan non kayu ini memiliki rasa yang manis dikarenakan mengandung unsur gula glukosa dan fruktosa. Madu ini sangat menarik bukan hanya karena ciri-ciri kimianya. Melainkan juga sering digunakan untuk bahan makanan, contohnya dicampurkan ke dalam teh panas ataupun ditambahkan pada pemanggangan makanan seperti ayam bakar. Karena ciri-ciri kimianya yang menarik, madu juga dapat disimpan cukup lama dan tetap bertahan sampai bertahun-tahun. Hal tersebut disebabkan karena kebanyakan mikroorganisme tidak dapat berkembang pada madu.

 

Manusia menggunakan madu sudah sejak lama dan meggunakannya untuk bahan makanan dan minuman. Bahkan digunakan untuk membantu terapi pengobatan.

 

Lebah yang dapat menghasilkan madu adalah lebah dari genus Apis. Genus ini terdapat lebih dari 20.000 spesies. Akan tetapi hanya beberapa saja yang mampu menghasilkan madu yang berkualitas. Mungkin itulah kenapa harga setiap jenis madu bisa berbeda-beda. Beberapa lebah yang menghasilkan madu kelas terbaik antara lain A. Dosarta, A. cerana, A. mellifera, dan A. andreniformis. Nah, A. dosarta adalah lebah Asia yang paling bagus dalam menghasilkan madu.

 

Madu menghasilkan produk terutama sebagai pangan. Yang paling sederhana adalah madu murni yang dibungkus dalam kemasan botol dan dijual secara bebas. Madu murni inilah yang harganya relatif mahal bagi sebagian orang. Madu juga bisa dijadukan bahan tambahan untuk makanan hingga minuman. Ada juga madu yang sudah dicampur dengan bahan gula tertentu sehingga harganya lebih murah.

 

Selain itu madu juga biasanya digunakan sebagai bahan untuk obat-obatan tradisional, contohnya jamu.

 

Manfaat Madu dan Khasiatnya

Madu sudah sangat terkenal dengan manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan. Madu yang berasa manis baik untuk stamina dan untuk pemulihan setelah berolahraga dan aktivitas lainnya. Adapun manfaat dan khasiat madu adalah sebagai berikut:

 

Mencegah Radikal Bebas

Madu mengandung fitonutrien dan sejumlah vitamin. Itu adalah antioksidan alami dan dapat menangkal radikal bebas. Manfaat madu tersebut berfungsi dalam mencegah rusaknya sel jaringan tubuh yang disebabkan oleh oksidasi. Dengan demikian, khasiat yang bisa didapatkan antara lain meningkatkan imunitas, mencegah peradangan, mencegah alergi, dan mencegah datangnya berbagai penyakit seperti diabetes dan kanker.

 

Membantu Mengobati Batuk

Manfaat madu yang selanjutnya adalah membantu meredakan batuk. Ini disebabkan oleh rasa madu yang manis dan bisa memicu produksi air liur dan membuat melembapkan tenggorakan dan mencegahhya kering. Sehingga rasa gatal-gatal di tenggorokan dan keinginan batuk bisa ditekan. Antioksidannya juga dapat membantu mencegah peradangan. Khasiat ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Dengan kata lain, madu dapat dijadikan obat batuk alami yang tak kalah dari obat medis.

 

Mempercepat Luka Untuk Sembuh

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Madu bisa menyingkirkan jaringan yang mati dan membunuh bakteri pada luka. Selain itu madu juga dapat memicu pembentukan kulit baru untuk menutup luka. Adapun jenis-jenis luka yang dapat dipercepat penyembuhannya oleh madu adalah luka bakar, lecet, dan bahkan luka diabetes. Akan tetapi madu yang digunakan harus dipastikan bersih dan steril agar tak menimbulkan infeksi.

 

Kesehatan Pencernaan

Dari berbagai penelitian, disebutkan bahwa dari sekian banyak manfaat madu salah satunya adalah bisa menjaga kesehatan pencernaan. Madu bisa berfungsi sebagai prebiotik dan memicu pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Karena itulah madu sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan usus. Sehingga mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang saluran pencernaan, terutama usus.

 

Memelihara Kesehatan Jantung dan Imunitas

Madu memiliki kandungan senyawa fitonutrien. Senyawa ini diduga dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung dengan cara melancarkan peredaran darah serta memcegah terjadinya aterosklerosis. Dalam berbagai penelitian juga menyebutkan jika madu bisa menurunkan tekanan darah dan bahkan mencegah kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

 

Selain baik untuk kesehatan jantung, manfaat madu lainnya adalah mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh. Seperti yang telah disebutkan di atas jika senyawa fitronutrien yang ada dalam madu bisa membantu memperkuat sel imun dalam tubuh. Sehingga menurunkan risiko infeksi dan memiliki khasiat antibakteri serta antijamur.

 

Cara Menikmati Madu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, madu dapat dinikmati dengan berbagai cara entah itu ditambahkan dengan makanan atau minuman. Berikut ini adalah beberapa sajian madu agar lebih terasa nikmat:

 

Diseduh dengan Teh atau Susu

Yang paling sederhana dan paling umum adalah mencampurkan madu murni ke dalam air hangat, teh, ataupun susu. Teh atau susu yang juga baik untuk kesehatan bisa dikolaborasikan dengan madu murni yang berkualitas. Ini bisa dinikmati terutama pada pagi atau sore hari.

 

Dijadikan Topping

Malas untuk mengkonsumsi madu secara biasa? Anda bisa menjadikan madu sebagai topping tambahan makanan yang anda sukai. Seperti roti sandwich atau es krim dan bahkan pancake. Tentunya madu lebih sehat dari gula ataupun karamel.

 

Saus Untuk Buah-buahan

Buah-buahan baik untuk kesehatan dan memang termasuk yang harus dipenuhi. Nah, memadukan buah-buahan dengan madu tentu adalah pilihan yang tepat. Selain enak, tentunya khasiatnya akan bertambah berkali-kali lipat.

 

Dicampur dengan Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang sebenarnya baik untuk menjaga kadar kolesterol dan memelihara kesehatan jantung. Tapi tidak semua orang suka dengan makanan ini karena bagi sebagian orang rasanya kurang cocok di lidah. Mencampurkannya dengan madu adalah salah satu cara yang bisa dicoba oleh anda.

 

Dikonsumsi Langsung

Ya, kembali lagi ke cara yang paling sederhana yaitu dengan dikonsumsi secara langsung. Ini sebenarnya adalah cara yang terbaik untuk bisa mendapatkan manfaat madu secara maksimal. Dengan catatan, madunya haruslah madu murni yang berkualitas dan bukan madu yang sudah dicampur dengan bahan lain.

Baca juga : manfaat-minyak-ikan-untuk-kesehatan

Penutup

Itulah pembahasan singkat tentang manfaat madu beserta cara menikmatinya. Secara umum madu relatif aman untuk dikonsumsi setiap orang. Akan tetapi tidak dianjurkan diberikan pada bayi di bawah satu tahun. Selain itu jika anda menggunakan madu untuk keperluan pengobatan seperti untuk penyembuhan luka, ada baiknya bertanya atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Selain itu, kita harus teliti dan pelajari terlebih dahulu sebelum membeli madu yang tersedia di pasaran terutama di online shop. Pastikan madu tersebut adalah madu murni dengan kualitas yang tinggi. Karena akan merugikan jika madu yang kita beli adalah madu dengan kualitas yang rendah.

 

 

Tinggalkan komentar