Makanan Pokok Alternatif Nasi Putih

Nasi putih tidak diragukan lagi menjadi makanan pokok bagi manusia di berbagai negara. Khususnya di negara Asia termasuk Indonesia. Lebih dari 90% masyarakat Indonesia menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok dan produksi beras menjadi industri yang besar. Padahal ada banyak makanan pokok alternatif selain nasi.

 

Sudah menjadi rahasia umum dan kebiasaan masyarakat kita jika belum mengkonsumsi nasi maka belum bisa dikatakan sudah makan. Nasi memang menjadi sumber karbohidrat yang dapat membuat kita merasakanya kenyang. Namun, bukan berarti jika kita tidak memakan nasi kita akan kekurangan karbohidrat karena ada makanan lain yang bisa dijadikan alternatif sebagai makanan pokok.

 

Di berbagai negara bahkan makanan pokoknya berbeda-beda. Ada yang menjadikan gandum sebagai makanan utamanya, ada pula yang menggunakan roti, ketela dan lain sebagainya.

 

Sebenarnya tidak ada salahnya jika kita hendak menggantikan nasi putih sebagai makanan pokok. Selain untuk mencari hal yang baru agar tidak jenuh, juga karena ada beberapa bahan pangan dengan kandungan gizi yang bisa dijadikan alternatif sebagai sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama karbohidrat yang dapat memberikan rasa kenyang. Jika anda mencari pengganti makanan pokok alternatif nasi putih berikut ini adalah pembahasan singkatnya.

 

9 Makanan Pokok Alternatif Nasi Putih

 

Ubi Jalar

Ubi jalar seperti yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya baik untuk pengganti nasi terutama bagi orang yang sedang menjalani program diet. Karbohidrat yang ada pada ubi jalar mengandung lebih banyak serat ketimbang gula. Ubi jalar memiliki tingkat kandungan karbohidrat sebesar 18-21 persen. Ubi jalar kaya akan nutrisi termasuk vitamin A dan C, serta ditambah dengan kalium. Antioksidan juga terdapat pada ubi jalar yang membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya.

 

Jagung

Di beberapa wilayah di Indonesia, jagung dijadikan makanan pokok layaknya nasi. Selain rasanya yang akrab di telinga, jagung juga bisa mengenyangkan dan harganya juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan nasi. Sayangnya, tidak semua orang menyadari jika jagung bisa menjadi alternatif makanan pokok nasi putih yang baik. Setiap 100 gram jagung saja terdapat 25 gram karbohidrat kemudian ditambah 2,5 gram protein. Dengan demikian jagung merupakan sumber protein yang baik. Selain itu jagung segar juga merupakan sumber serat, antioksidan, dan vitamin C yang baik.

 

Kacang Merah

Makanan pokok alternatif nasi putih lainnya adalah kacang merah yang merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mudah kita temui. Kacang merah yang sudah dimasak mengandung karbohidrat yang agak berbeda yaitu dalam bentuk saripati dan serat sebesar 22,8 persen. Bahan makanan yang kerap ditambahkan sebagai sajian sup ini mengandung protein yang cukup tinggi. Kacang merah juga mempunyai berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral serta ditambah antioksidan. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, kacang merah bisa berfungsi sebagai penurun kadar gula darah serta menurunkan risiko kanker usus besar. Namun yang perlu diingat adalah kacang merah harus dimasak dengan baik, karena jika memakan kacang merah yang kurang matang justru akan menyebabkan keracunan.

 

Kacang Polong

Masih dalam kategori kacang-kacangan, yaitu kacang polong. Kacang yang rasanya lumayan enak ini ternyata bisa dijadikan makanan pengganti nasi putih yang cukup baik. Itu karena kacang polong memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Tak cuma itu saja, kacang polong adalah jenis kacang yang menjadi sumber fitonutrien. Yaitu zat dengan sifat anti peradangan. Dalam jumlah tertentu, kacang polong juga dapat memberikan rasa kenyang seperti sumber karbohidrat lainnya.

 

Kembang kol

Kembang kol bahan pangan yang sangat mudah dijumpai ini bisa anda “sulap” menjadi makanan sumber karbohidrat meskipun rasanya memang tidak terlalu enak, akan tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Cara mengolahnya adalah dengan memotongnya menjadi kecil-kecil lalu menghaluskannya dalam blender tanpa air. Kemudian bentuknya akan menyerupai nasi. Nah, setelah itu anda bisa menumisnya dengan minyak zaitun dengan waktu selama 5 sampai 8 menit lamanya sampai teksturnya empuk. Kembang kol yang sudah diolah tersebut mengandung 25 kalori serta karbohidrat sebanyak 5 gram.

 

Oats

Sebagai salah satu biji-bijian tentunya sudah terkenal sebagai makanan yang sehat dan beberapa produsen bahkan memproduksinya dalam kemasan. Terbuat dari gandum utuh ini adalah sumber nutrisi yang baik dan di dalamnya termasuk mineral, antioksidan dan, vitamin. Oats mentah memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi yaitu 66% namun 11% di antaranya adalah serat. Oats sering dijadikan makanan alternarif nasi putih bagi para penderita diabetes. Sebab oats dapat menurunkan kadar gula darah dan juga kolesterol. Itulah kenapa oats juga dianjurkan untuk memelihara kesehatan jantung.

 

Quinoa

Sekedar informasi bagi yang belum tahu, quinoa adalah salah satu jenis serealia yang dijadikan makanan pokok oleh suku Indian di pegunungan Andes, Amerika Selatan. Quinoa disebut sebagai serealia semu karena bahan pangan ini bukan berasal dari suku padi-padian. Popularitas quinoa cukup dikenal di kalangan orang dengan gaya hidup sehat dan sedang menjalani program penurunan berat badan. Quinoa memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sekaligus menjadi sumber protein yang baik. Jenis serealia yang satu ini tidak mengandung gluten serta akan membuat sensasi kenyang lebih lama. Mengolahnya sama dengan nasi putih pada umumnya atau bisa ditambahkan dengan bumbu penyedap.

 

Kentang

 

Kentang bisa dijadikan sebagai salah satu makanan pokok alternatif nasi putih. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya hindari mengkonsumsi kentang yang sudah digoreng atau diolah dengan bahan lain seperti banyak garam apalagi bumbu dengan bahan pengawet. Pilihannya adalah bisa digoreng dengan menggunakan minyak zaitun. Kentang adalah sumber vitamin C dan juga kalium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kulit kentangnya saja mengandung 4 gram serat. Ya, kulit kentang bisa dimakan, asalkan dimasak dengan benar. Cara terbaik untuk mengolah kentang adalah dengan menjadikannya sebagai salah satu bahan sup atau mungkin anda bisa mengolahnya dengan cara merebusnya.

 

Singkong

 

Bersama dengan kentang, singkong atau ketela pohon adalah bahan pangan yang sering dijadikan makanan pokok alternatif nasi putih. Singkong seringkali dipandang sebagai makanan kelas bawah padahal manfaat yang terkandung di dalamnya tidak bisa dianggap rendah. Singkong adalah makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Cara terbaik untuk mengolahnya adalah dengan cara direbus atau diolah menyerupai nasi yang disebut dengan oyek kemudian dipadukan dengan lauk layaknya nasi putih. Setiap 100 gram singkong terdapat kandungan karbohidrat sebesar 38 gram. Singkong rebus juga disebut baik bagi orang yang sedang menjalani diet. Selain itu singkong rebus juga mengandung zat besi. Maka sebaiknya hindari mengkonsumsi singkong dengan cara digoreng atau dijadikan keripik karena nutrisinya berkurang. Tapi bukan berarti tidak boleh sama sekali, hanya saja jangan terlalu sering.

 

Baca juga : tips-kulit-menjadi-putih-sehat-dan-cerah

 

Penutup

Itulah pembahasan singkat tentang 9 makanan pokok alternatif nasi putih. Bukan berarti nasi putih itu tidak sehat, melainkan tidak ada salahnya kita mencoba makanan sumber karbohidrat lain. Tentunya selain daftar di atas masih ada lagi yang lainnya. Pastikan anda mengolahnya dengan cara yang benar dan sesuai dengan gaya hidup sehat.

 

Tinggalkan komentar