Ini dia! Cara Cek NISN Online Lengkap

Sebagai peserta didik, masing-masing harus memiliki nomor identitas yang biasa disebut NISN. Simak bagaimana cara cek NISN Online secara lengkap.

Nomor identitas memiliki peranan yang penting bagi setiap individu. Nomor-nomor identitas tersebut biasanya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri. Dengan adanya nomor identitas, masing-masing individu dapat diklasifikasikan dan didata untuk tujuan tertentu. Nomor identitas contohnya dapat ditemukan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Sertifikat Tanah, hingga Nomor Identitas bagi peserta didik atau yang biasa dikenal dengan Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN.

Baca juga kode-kode-rahasia-meteran-listrik-prabayar-pln

Pada artikel ini, akan dibahas secara lengkap mengenai nomor identitas bagi peserta didik yaitu NISN. NISN sendiri merupakan salah satu program pokok dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendata seluruh peserta didik yang berada di bawah naungan Kemendikbud.

1. Mengenal NISN dan Tujuannya

NISN merupakan kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional yang mana secara sederhana diartikan sebagai nomor identitas yang dimiliki masing-masing peserta didik. Seluruh siswa yang mengenyam pendidikan di Indonesia maupun sekolah Indonesia di luar negeri, wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional. NISN sendiri terdiri dari kode unik sebagai identitas yang membeda satu siswa dengan siswa lainnya. Nomor Induk Siswa Nasional wajib dimiliki siswa yang mengenyam pendidikan sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Sebelum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional, siswa wajib bersekolah di sekolah yang telah terdaftar di Kemendikbud dan memiliki NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional. Nomor Induk Siswa Nasional sendiri secara langsung dikelola PDSK atau Pusat Data dan Statistika Pendidikan dan Kebudayaan yang mana bergerak dibawah naungan Kemendikbud.

Nomor Induk Siswa Nasional pertama kali diberlakukan pada tahun 2007 yang mana memiliki tujuan dan manfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia. Manfaat pertama adalah, dengan Nomor Induk Siswa Nasional dapat mengidentifikasi siswa di seluruh Indonesia secara spesifik. Kemudian dengan data yang ada, Kemendikbud dapat membuat kebijakan dan program pengembangan untuk diterapkan pada sistem pendidikan di Indonesia. Dengan adanya Nomor Induk Siswa Nasional, pemerintah pusat juga dapat mengidentifikasikan alokasi dana yang diperuntukan untuk Bantuan Operasional Sekolah atau BOS, pelaksanaan ujian nasional, hingga ujian masuk universitas atau SNMPTN.

 

Baca juga cara-melacak-nomor-hp-tanpa-ketahuan-pemilik-nomor

 

2. Cara Mudah Cek NISN Online Lengkap

Data Nomor Induk Siswa Nasional secara terbuka ditampilkan pada laman resmi Kemendikbud yaitu . Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah siswa mengetahui nomor identitas mereka masing-masing. Untuk pengecekan nomor induk, peserta didik harus mengisi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan identitas pribadi masing-masing.

Nomor Induk Siswa Nasional tidak memiliki periode tanggal kadaluarsa atau berlaku selama-lamanya. Walaupun peserta didik telah menamatkan pendidikan jenjang menengah atas, Ia tetap berhak memiliki nomor induk sebagai nomor identifikasi pelajar di Indonesia. Nomor Induk Siswa Nasional memiliki peranan yang cukup penting, yang mana dapat memudahkan pengurusan administrasi pendidikan, bisa dibilang sama halnya dengan legalitas tanah yang jelas.

Secara lebih detail, cara mengecek nomor Nomor Induk Siswa Nasional secara online dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1) Cara Cek Rincian Data NISN online

Cara ini digunakan untuk mengecek rincian data pribadi telah sesuai dengan Nomor Induk Siswa Nasional yang terdaftar pada data kemendikbud.

  • Buka halaman Nomor Induk Siswa Nasional dengan mengunjungi website d.
  • Pada kolom pencarian NISN isi data yang dibutuhkan
  • Pertama isi NISN yang Anda miliki
  • Pada kolom berikutnya, isi nama Ibu kandung Anda
  • Berikutnya isi kode captcha sebagai verifikasi
  • Klik cari data
  • Layar akan menunjukkan rincian data siswa berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional yang terdaftar. Data berisikan status aktif siswa, Nomor Induk Siswa Nasional, nama lengkap, jenis kelamin, dan tempat dan tanggal lahir.

 

2) Cara Cek NISN Online

Cara ini digunakan untuk mengecek Nomor Induk Siswa Nasional, jika sebelumnya Anda tidak mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional Anda sendiri.

  • Buka halaman NISN dengan mengunjungi website .
  • Pada kiri layar, klik menu pencarian nama
  • Isi data pada kolom yang disediakan
  • Pertama silahkan isi detail nama lengkap siswa
  • Berikutnya isi tempat lahir Anda
  • Isi tanggal lahir Anda
  • Isi nama Ibu kandung Anda
  • Masukan kode captcha sebagai verifikasi
  • Klik cari data
  • Layar akan menunjukkan rincian data siswa beserta Nomor Induk Siswa Nasional yang dimiliki. Data berisikan status aktif siswa, Nomor Induk Siswa Nasional, nama lengkap, jenis kelamin, dan tempat dan tanggal lahir.

3) Cara Cek NISN Online Melalui Aplikasi

Selain laman resmi NISN Kemendikbud, Anda juga dapat mengecek Nomor Induk Siswa Nasional secara online melalui aplikasi berbasis Android.

  • Download aplikasi Data NISN di Google Play Store
  • Jalankan aplikasi setelah proses install selesai
  • Pilih meni cari NISN
  • Isi identitas pribadi Anda yang dibutuhkan untuk mengisi setiap kolom
  • Layar akan menunjukkan rincian data siswa beserta Nomor Induk Siswa Nasional yang dimiliki. Data berisikan status aktif siswa, Nomor Induk Siswa Nasional, nama lengkap, jenis kelamin, dan tempat dan tanggal lahir.

3. Jika Belum Punya NISN

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, Nomor Induk Siswa Nasional memiliki peranan penting bagi siswa yang menempuh pendidikan. Nomor Induk Siswa Nasional digunakan untuk beragam urusan administrasi. Salah satunya adalah untuk pendaftaran melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yaitu Universitas. Jika Anda belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional, segeralah melaporkan kepada pihak sekolah untuk mendaftarkan Anda.

Beberapa hal yang mengakibatkan siswa tidak memiliki Nomor Induk Siswa Nasional biasanya dikarenakan adanya kelalaian pihak sekolah dalam menginput data. Selain itu kesalahan penulisan data siswa seperti tempat tanggal lahir, ejaan nama lengkap juga berpengaruh terhadap tidak ditemukan Nomor Induk Siswa Nasional siswa tertentu. Faktor lainnya adalah tidak validnya Nomor Induk Siswa Nasional siswa karena tidak diterbitkan Pusat Data dan Statistika Pendidikan dan Kebudayaan (PDSK).

Berikut ini merupakan cara yang bisa dilakukan jika Anda belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional. Namun, sebelum melakukan cara di bawah, ada baiknya jika Anda mengecek secara seksama di situs Nomor Induk Siswa Nasional atau menanyakan langsung kepada pihak sekolah. Jika memang setelah pengecekan, Nomor Induk Siswa Nasional Anda tidak kunjung ada, cara-cara dibawah bisa Anda lakukan.

  1. Apabila telah dipastikan identitas siwa tidak ditemukan dan tidak memiliki Nomor Induk Siswa Nasional, Anda dapat mengunduh formulir pengajuan yang dapat diunduh pada situs .
  2. Unduh Formulir Peserta Didik (F-PD) dan Formulir A.1
  3. Cetak formulir dan isikan data-data yang dibutuhkan
  4. Jika data yang dibutuhkan telah lengkap, formulir dapat diserahkan kepada operator resmi NISN/NPSN di daerah masing-masing.
  5. Selanjutnya Formulir A.1 dapat dikirimkan pihak sekolah ke PDSP melalui surat elektronik yang beralamat di pdsp@kemdiknas.go.id, untuk selanjutnya akan diproses dengan memberikan Nomor Induk Siswa Nasional.

Akhir kata

Nah itu dia Cara Cek NISN Online Secara Lengkap, jika punya pertanyaan silakan berkomentar yahh dan jangan lupa share keteman-teman kalian.. semoga artikel ini bermanfaat.. terimakasih

2 pemikiran pada “Ini dia! Cara Cek NISN Online Lengkap”

Tinggalkan komentar