Tips Membersihkan Wajah Berjerawat

Tips membersihkan wajah berjerawat – Jerawat  dapat dialami oleh siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa. Jerawat pada wajah seringkali dianggap mengganggu bagi sebagian orang. Beberapa orang cenderung tidak percaya diri terhadap wajah yang berjerawat.

Pentingnya mengenali faktor penyebab jerawat

Jerawat dapat terjadi karena berbagai faktor. Pemicu jerawat biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti bakteri, hormone dan berbagai penyebab lainnya. Berbeda penyebabnya, maka akan berbeda pula cara menanganinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengenali faktor pemicu terjadinya jerawat pada wajah Anda.

Tips membersihkan wajah yang berjerawat

Berikut merupakan tips yang dapat anda lakukan untuk membersihkan wajah berjerawat :

Menjaga kebersihan kulit wajah

Kulit berjerawat dapat terjadi karena adanya minyak dan kotoran yang menempel di wajah sehingga memicu bakteri menempel pada wajah. Oleh karena itu, anda harus menjaga kebersihan kulit wajah anda. Salah satu cara menjaga kebersihan wajah adalah dengan mencuci muka. Mencuci muka juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Selain itu, anda harus membersihkan make up yang menempel pada wajah anda sebelum tidur. Pastikan tidak ada bekas make up yang tersisa pada wajah anda karena hal ini dapat mengakibatkan pori-pori kulit wajah anda tertutup.

Menghindari Stress

Stress dapat mengakibatkan meningkatnya hormone kortisol yang akan memicu produksi minyak berlebih pada kulit sehingga dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Oleh karena itu, anda harus menghindari stress, terlebih stress karena kulit wajah yang berjerawat. Pahamilah bahwa semakin anda stress karena kulit anda berjerawat akan semakin tidak baik juga untuk Kesehatan kulit wajah anda.

Pilih jenis sabun cuci muka

Ada berbagai jenis sabun cuci muka yang dapat anda temui di lingkungan anda. Namun, belum tentu sabun tersebut cocok untuk digunakan pada kulit wajah anda. Anda harus mengenali tipe kulit anda terlebih dahulu sebelum menentukan sabun cuci muka seperti apa yang akan anda gunakan.

Rawat kulit dengan produk yang sesuai

Zaman sekarang, skin care merupakan hal yang lumrah dimiliki setiap orang. Baik laki-laki maupaun perempuan. Namun, terkadang trend skin care membuat sejumlah orang hanya ikut-ikutan tanpa mempertimbangkan kesesuaian produk dengan jenis kulitnya. Hal ini dapat memperparah kondisi kulit wajah yang berjerawat. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan kesesuaian produk perawatan dengan jenis kulit anda.

Baca juga : Tips-kulit-menjadi-putih-sehat-dan-cerah

Perbaiki pola makan

Pola makan yang tidak sehat dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Beberapa makanan dapat meningkatkan produksi minyak di kulit sehingga tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, anda harus menjaga pola makan anda dan makanan yang akan anda konsumsi.

Perlakukan wajah anda secara istimewa

Wajah yang berjerawat tidak boleh sering disentuh. Setiap anda ingin menyentuh wajah anda, ingatlah bahwa tangan anda mungkin saja kotor. Selain itu, anda tidak boleh memencet jerawat yang ada di wajah anda. Tekanan dari jari anda dapat mengakibatkan sumbatan pada pori kulit wajah anda masuk lebih dalam. Hal ini juga dapat memicu terjadinya bekas jerawat di wajah anda.

Hal-hal tersebut dapat anda lakukan agar terhindar dari jerawat dengan membersihkannya wajah secara teratur. Hal yang perlu dipahami adalah jerawat bukanlah suatu kesalahan dalam hidup anda. Setiap orang mungkin saja mengalaminya. Oleh karena itu, jangan biarkan rasa tidak percaya diri menghantui anda.

Tinggalkan komentar