Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Mengatur Pola Hidup Sehat

Asam lambung atau yang juga dikenal dengan istilah gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan masalah yang cukup umum terjadi pada sejumlah orang akibat pola hidup yang kurang sehat seperti makan yang tidak teratur, stres, dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Mengatasi asam lambung yang naik sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan cara-cara yang alami termasuk di dalamnya adalah mengatur pola hidup yang sehat.

 

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Naik Dengan Menggunakan Cara Alami

 

Jika Anda mengalami gejala kenaikan asam lambung tentu tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang ‘sederhana’. Pasalnya jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan tepat dan serius maka akan bisa memberikan pengaruh yang lebih buruk bagi tubuh dan kesehatan. Berikut adalah beberapa tips alami yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala naiknya asam lambung.

 

Memperhatikan Porsi Makan Anda

Kinerja lambung sebenarnya berkaitan dengan banyak sedikitnya jumlah makanan yang massuk ke dalam tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu cara untuk mengatasi asam lambung secara alami adalah dengan memperhatikan porsi makan yang tepat. Makan dalam jumlah dan porsi yang terlalu besar dan dalam waktu yang singkat, berpotensi untuk memicu terjadinya refluks (naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan).

 

Jika Anda memiliki masalah dengan lambung, maka disarankan untuk makan ketika sudah lapar dan dalam porsi yang sedikit-sedikit namun dalam frekuensi yang lebih sering. Dengan demikian, lambung Anda tidak akan terlalu berat dalam bekerja untuk mencerna makanan sehingga potensi untuk terjadinya kenaikan asam lambung pun menjadi berkurang.

 

Mengatasi Asam Lambung Dengan Mengunyah Makanan Secara Benar

Meskipun hal ini terdengar sepele dan sederhana, namun cara ini bisa menjadi salah satu yang perlu Anda pertimbangkan. Pastikan Anda mengunyah dengan benar dan tidak terburu-buru agar makanan yang Anda kunyah tersebut menjadi halus secara sempurna. Dengan demikian, enzim yang ada pada sistem pencernaan akan mengolah dan mencerna makanan tersebut dengan lebih mudah yang berpotensi untuk mengurangi produksi asam lambung berlebih.

Baca juga : Cara mengobati-asam-lambung-di-rumah

Mengonsumsi Buah Pisang

Buah dengan ciri khas berwarna kuning ini ternyata selain rasanya yang enak juga memiliki aneka ragam manfaat. Salah satunya adalah mengatasi asam lambung karena ia bisa dijadikan sebagai antasida alami sehingga bisa mengurangi potensi terjadinya kenaikan asam lambung yang mengganggu kesehatan.

 

Antasida alami yang ada di dalam buah pisang berperan untuk memberikan pelapisan pada dinding lambung dan juga saluran pencernaan sehingga lambung pun akan bisa terhindar dari iritasi sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi asam lambung. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua jenis asam lambung cocok diatasi dengan menggunakan cara ini.

 

Mengonsumsi Kacang Hijau Secara Teratur

Kacang hijau ternyata memiliki sejumlah manfaat yang cukup penting bagi kesehatan tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Makanan yang satu ini cukup baik untuk dikonsumsi karena bisa ‘menebalkan’ lapisan lambung. Selain itu, mengonsumsi kacang hijau secara teratur juga bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.

 

Mengurangi Konsumsi Makanan Yang Dapat Menyebabkan Kenaikan Asam Lambung

Salah satu cara yang tidak kalah penting untuk mengatasi kenaikan asam lambung adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang berpotensi mengakibatkan kenaikan asam lambung. Beberapa jenis makanan yang berpotensi meningkatkan produksi asam lambung seperti cokelat, soda, gorengan, kopi, alkohol, makanan pedas, dan ataupun makanan asin perlu dikurangi dalam rangka untuk mencegah terjadinya kenaikan asam lambung.

 

Demikianlah cara mengatasi asam lambung yang bisa Anda lakukan secara alami. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda bisa mengurangi risiko terjadinya kenaikan asam lambung. Apabila asam lambung tidak kunjung mereda dan gejalanya semakin parah, sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan penanganan yang tepat.

 

 

Tinggalkan komentar