Keuntungan Memiliki DA dan PA yang Besar, Beserta Faktor Penentunya

Artikel ini akan membahas tentang apa saja keuntungan memiliki DA dan PA yang besar alias skor Domain Authority dan Page Authority yang tinggi. Kamu sebagai blogger tentunya belajar berbagai istilah dalam dunia blogging.

Mulai dari SEO, domain, hosting, niche, dll. Dua istilah lainnya yang dikenal dalam dunia blogging dan website adalah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Kedua istilah itu cukup dikenal oleh para blogger sebagai penentu kualitas suatu website atau blog. Nah, yang akan dibahas dalam artikel ini adalah apa saja keuntungan DA dan PA yang besar dan kemudian ditambah apa saja faktor yang mempengaruhi DA dan PA. Mari simak penjelasan berikut ini. 

Keuntungan memiliki DA dan PA yang besar
Domain Authority

Pengertian DA dan PA

Domain Authority atau disingkat menjadi DA adalah skor atau angka yang dibuat oleh Moz yang merupakan salah satu tools SEO yang terkenal. Gunanya adalah untuk memprediksi peluang ranking website atau blog di search engine. Skala skornya adalah 1 sampai 100. Semakin tinggi skor DA, maka semakin tinggi kesempatan situs untuk ada di posisi teratas di search engine. 

Akan tetapi, DA bukanlah satu-satunya penentu ranking website di search engine. Skor DA hanyalah prediksi dan bukan metrik atau algoritma resmi yang digunakan oleh Google untuk menentukan ranking website. Akan tetapi, tetap saja kentungan memiliki DA dan PA yang besar akan mendatangkan hal yang baik untuk website kamu.

Selain ada Domain Authority ada juga istilah Page Authority atau disingkat menjadi PA. Page Authority ini juga dikembangkan oleh Moz untuk menentukan prediksi suatu halaman website muncul di mesin pencari terutama di Google. 

Skala skor atau nilai PA juga sama dengan DA yaitu 1 sampai 100. Semakin tinggi angka skor, semakin tinggi pula peluang halaman website bisa berada di peringkat tinggi mesin pencari. Nah, dengan mengetahui skor PA, kamu bisa melakukan evaluasi konten yang mana saja yang perlu ditingkatkan kualitasnya agar bisa mengalahkan kompetitor. 

Keuntungan Memiliki DA dan PA Yang Besar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, DA dan PA yang besar akan berdampak baik pada website atau blog kamu. Keuntungan tersebut antara lain.

#1. Peluang website/blog kamu muncul di Google akan lebih tinggi. Ingat, visitor organik dari mesin pencari merupakan nyawa kehidupan dari blog kamu. Bayangkan jika website kamu sudah terpercaya oleh Google, maka jumlah trafik akan semakin meningkat. 

Dengan trafik yang meningkat maka kesempatan untuk mendatangkan profit pun akan semakin besar.

#2. Peluang halaman website kamu akan semakin besar untuk terindeks dan muncul di halaman pertama Google akan lebih tinggi. Artinya jika kamu seorang blogger dan membuat banyak konten, maka dengan PA yang tinggi, postingan dan halaman di blog kamu akan semakin tinggi peluangnya untuk nangkring di ranking pertama pencarian Google. 

Bayangkan saja kamu memiliki blog dengan 100 artikel dan nilai PA kamu besar. Kemudian 100 artikel tersebut berhasil muncul di halaman pertama pencarian, maka kamu akan memanen trafik setiap harinya.

#3. Keuntungan memiliki DA dan PA yang besar selanjutanya adalah kredibilitas website yang akan meningkat. 

Dengan DA dan PA yang besar, maka kredibilitas website atau blog milikmu akan semakin meningkat. 

Kenapa? Karena untuk membangun website/blog dengan DA/PA yang tinggi dibutuhkan optimasi yang maksimal dan juga melakukan peningkatan kualitas dari berbagai aspek. Dengan demikian, website dengan skor DA/PA yang besar maka kualitas website milikmu akan dianggap besar juga. 

#4. Keuntungan memiliki DA dan PA yang besar selanjutnya adalah website atau blog kamu akan kedatangan mitra yang mengajak kamu untuk melakukan kerjasama berupa paid review atau content placement. 

Kedua kerjasama tersebut tentunya akan mendatangkan profit tambahan. Paid review adalah kamu disuruh mereview suatu produk dan kamu akan dibayar. Sedangkan content placement kamu hanya perlu memposting konten yang dikirim oleh mitra di blog milikmu yang isinya terdapat backlink situs milik mitra. Dengan kata lain, mitra membeli backlink dari blog kamu. 

#5. Dengan DA dan PA yang besar. Nilai jual dari website/blog milikmu juga akan semakin tinggi. Ini cukup penting ketika jika kamu berniat untuk menjual website atau blog milikmu karena suatu alasan. Dengan demikian, meningkatkan DA dan PA pada website atau blog adalah suatu keharusan.

Nah, itulah 5 keuntungan memiliki DA dan PA yang besar. Setelah membahas secara singkat keuntungannya. Mari kita bahas faktor apa saja yang menjadi penentu skor DA dan PA suatu website atau blog.

Faktor Penentu Skor Da dan PA

Untuk bisa meningkatkan DA dan PA suatu blog memang tidak mudah. Hal ini memang wajar karena persaingan SERP Google yang semakin ketat dan kompetitif. 

Perlu kamu ketahui, terdapat sekitar lebih dari 40  faktor untuk Moz menentukan nilai DA pada suatu blog atau website. Sedangkan Google memiliki lebih dari 200 faktor untuk menentukan ranking website. Faktor yang cukup rumit. 

Definisi dari setiap nilai atau skor juga sangat relatif. Sejauh ini tidak ada penjelasan yang akurat yang mengatakan skor 30, 50, 70 hingga seterusnya, adalah nilai yang baik atau buruk.

Walaupun terdapat lebih dari 40 faktor penentu nilai Domain Authority, tapi ada beberapa faktor di antaranya yang dikatakan paling berpengaruh adalah sebagai berikut.  

Baca : Daftar Lomba Seo Blog dan Kontes Seo 2021 Terbaru

Backlink yang berkualitas

Yang dimaksud backlink yang berkualiatas adalah begini,  satu backlink dari website yang populer jauh lebih baik ketimbang dua backlink dari website yang memiliki kualitas rendah. Maka, pastikan Anda tidak hanya memperhitungkan dari segi jumlah backlink yang dipasang.  Tapi juga kualitasnya. 

Maka dari itu, jangan menebar backlink di situs yang belum jelas kualitasnya. Anda dapat mencari cara memasang backlink yang berkualitas di internet. 

Referring domain yang tinggi 

Maksudnya adalab mendapatkan dua backlink dari dua website berbeda tentunya akan  lebih menunjang skor Domain Authotity, daripada memperoleh banyak jumlah backlink dari website yang sama. Jadi jangan banyak-banyak memasang backlink di suatu website yang sama. Cukup beberapa saja. 

Kualitas konten

Ya, adalah yang bilang konten adalah raja. Istilah tersebut memang ada benarnya. Konten adalah faktor utama yang menentukan SERP. Jadi, dengan konten yang berkualitas tinggi, maka DA blog milikmu juga berpeluang menjadi tinggi pula. Maka usahakan jangan membuat konten yang berkualitas rendah. 

Social signals

Domain Authority menilai popularitas website lewat social signals atau engagements yang meliputi jumlah share, like dan comment di sosial media. Maka, memiliki akun sosial media khusus bagi blog adalah cukup penting. Akan tetapi jangan melakukan spam link di sosial media. 

Search Engine Friendliness

Yang dimaksud Search Engine Friendliness adalah kualitas struktur pada keseluruhan suatu website. Faktor ini penting dalam pemberian nilai Domain Authority. Aspek ini akan menilai apakah penggunaan situs bersifat user friendly atau sebaliknya.

Penutup

Nah, itulah pembahasan mengenai keuntungan memiliki DA dan PA yang tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat. 

2 pemikiran pada “Keuntungan Memiliki DA dan PA yang Besar, Beserta Faktor Penentunya”

Tinggalkan komentar