BANK DIGITAL INDONESIA

Thecuy – Pembahasan tentang bank digital Indonesia terbaik. Saat ini perkembangan dunia digital maju semakin pesat. Semuanya sudah serba digital mulai dari urusan administrasi publik seperti ektp dan lainnya.

Maka dari itu di ranah perbankan sekarang ini telah memasuki era digital banking. Perlu diketahui jika teknologi mobile banking konvensional tidak sama dengan digital banking. Dalam digital banking hampir semuanya dilakukan secara digital bahkan dalam pendaftarannya pun bisa tanpa langsung datang ke kantor cabang.

Bank digital saat ini digandrungi oleh generasi milenial dan generasi Z, yang ingin serba praktis. Walaupun isu keamanan masih menghantui bank digital, namun bank konvensional pun juga sama resiko keamanannya. Nah, bagi anda yang belum mempunyai rekening bank digital tapi ingin memilikinya dan bingung memilih bank digital mana yang cocok untuk anda.

 

Berikut ini kami sampaikan informasi beberapa bank digital terbaik yang ada di Indonesia.

5 Bank Digital Indonesia Terbaik

Bank digital di Indonesia saat ini memasuki masa perkembangan yang cukup pesat dan bukan tidak mungkin di masa depan jumlahnya terus bertambah dan bank-bank terkemuka saat ini kemungkinan akan meluncurkan bank digitalnya sendiri.

1. Jenius BTPN

Bank digital terbaik di Indonesia yang pertama adalah Jenius yang dimiliki oleh BTPN atau Bank Tabungan Pensiunan Negara. Jenius sangat populer di kalangan milenial yang dekat dengan dunia digital. Pasalnya, pendaftaran rekening Jenius tidak memerlukan calon nasabahnya langsung datang ke kantor cabang melainkan bisa melalui video call dengan customer service Jenius untuk verifikasi identitas.

Untuk melakukan pendaftaran Jenius dibutuhkan mengunduh dan menginstal aplikasinya di Android atau iOS. Setelah itu ikuti instruksi yang diberikan. Tidak ada setoran minimum pada saat pertama kali mendaftar, rekening langsung aktif saat itu juga dan akan mendapatkan ecard (kartu debit virtual). Akan tetapi perlu beberapa hari agar kartu debit fisiknya
dikirimkan langsung ke rumah. Jenius memberikan pilihan untuk dapat memesan kartu debit tambahan yang disebut x-card namun harus membayar biaya sebesar Rp. 50.000 per kartunya.

Bagaimana dengan biaya lainnya? Sebelum tahun 2021 Jenius tidak dikenakan biaya namun per 1 Januari 2021 Jenius menerapkan biaya admin bulanan sebesar Rp. 10.000 per bulannya. Salah satu kelebihan dari Jenis adalah kartu debitnya yang bisa digunakan untuk berlangganan Netflix dan juga Apple Music serta berbelanja di toko online yang support pembayaran menggunakan kartu Visa. Menguntungkan sekali bukan?

Baca juga Pinjaman online 2021.

2. TMRW

Bank Digital Indonesia terbaik selanjutnya adalah TMRW yang dimiliki oleh BANK UOB Indonesia, TMRW adalah nama singkat dari sebutan Tomorrow. TMRW merupakan salah satu bank digital Indonesia. Layanan TMRW sama seperti bakk digital lainnya yaitu berbasis perangkat mobile sehingga berdampak pada kemudahan transaksi perbankan secara digital. Untuk membuka rekening TMRW, calon nasabah hanya tinggal mendaftar secara online tanpa harus datang ke cabang. Untuk verifikasi dan aktivasi rekening TMRW menggunakan verifikasi wajah dan ektp melalui video call. Menariknya, waktu verifikasi dapat ditentukan sendiri oleh calon nasabah.

Selain kartu debit GPN yang akan didapatkan secara gratis, anda akan diberi pilihan untuk memiliki kartu kredit namun TMRW memberikan syarat jika ingin memiliki kartu kredit yaitu penghasilan bulanan minimal yang sudah ditentukan oleh pihak TMRW. Berbeda dengan Jenius, TMRW tidak dikenakan biaya bulanan sama sekali dan tidak ada saldo minimum, ini tentunya suatu kelebihan dan cocok sekali jika anda menjadikan TMRW sebagai tempat untuk menabung.

Biaya transfer ke antar rekening TMRW tentu saja gratis dan transfer ke rekening lain lewat aplikasi online adalah Rp. 6500. Penarikan tunai di jaringan ATM bersama dikenakan biaya Rp. 7500. Akan tetapi akan menjadi gratis apabila saldo sebelum melakukan penarikan minimal Rp. 1000.000. Selain itu untuk cek saldo di ATM bersama dikenakan biaya Rp. 4000.

Karena kartu debit TMRW menggunakan GPN maka belum bisa digunakan untuk pembayaran Netflix ataupun pembayaran online saat berbelanja di toko online internasional seperti Amazon atau Ebay. Inilah salah satu kekurangan dari TMRW.

3. Digibank by DBS

Berikutnya sebagai salah satu bank digital Indonesia terbaik adalah Digibank yang dimiliki oleh DBS yang merupakan salah satu bank yang berasal dari Singapura. DBS sendiri berdiri sejak 1968 dan produk Digibank diluncurkan di Indonesia pada 2016 yang lalu sebagai salah satu pionir bank digital di Indonesia. Yang membedakan Digibank dengan bank digital lainnya adalah verifikasi identitas calon nasabah yang menggunakan verifikasi biometrik yaitu menggunakan alat khusus seperti pemindai sidik jari.

Akan tetapi wilayah layanan Digibank hingga saat ini baru bisa dinikmati di wilayah Jabotabek saja. Padahal layanan Digibank sebagai salah satu bank digital di Indonesia cukup menggiurkan. Jenis kartu debit yang digunakan adalah Visa, sama seperti Jenius.

Tarif transfer ke bank lain di aplikasi Digibank adalah Rp. 5000 dan Rp. 7500 di jaringan ATM bersama. Sementara itu tarif tunainya di ATM bersama adalah gratis sebanyak 5x per bulan. Selanjutnya adalah Rp. 7500 per penarikan.

4. Danamon D-Save

Bank digital Indonesia terbaik selanjutnya adalah D-Save yang merupakan salah satu produk Bank Danamon yang menyasar segmen generasi Z dan milenial. Untuk dapat membuka rekening D-Save, seperti biasa calon nasabah harus mengunduh dan menginstal aplikasi pendaftaran tabungan D-Save dan menyiapkan ektp.

Setelah itu calon nasabah akan diminta melakukan verifikasi melalui video call. Setelah terverifikasi, nasabah
kemudian bisa mengisi setoran pertama dan tidak ada minimum setoran untuk pertama kalinya. Setoran pertama bisa dilakukan dengan transfer dari bank lain.

Nasabah akan mendapatkan kartu debit gratis, kartu bisa dikirimkan ke rumah langsung atau nasabah bisa mengambilnya sendiri di kantor cabang Bank Danamon dengan menunjukan KTP dan bukti email aktivasi rekening. D-Save tidak dikenakan biaya bulanan sama sekali. Untuk transfer ke bank lain dan tarik tunai di ATM Bersama, diberikan gratis 10 kali transaksi per bulan tanpa minimum saldo dan jika sudah habis akan menjadi Rp. 7500 per transaksi. Ini tentu saja menggiurkan bukan? Untuk kartu debitnya sendiri menggunakan Mastercard.

Baca juga Aplikasi penghasil uang langsung ke rekening.

5. PermataMe

Bank Permata juga memiliki produk digital banking bernama PermataMe. Bank digital yang satu ini merupakan produk tabungan dalam mata uang Rupiah yang menawarkan fleksibilitas dalam proses pembukaan rekening baik secara digital maupun tradisional serta bertransaksi secara daring.

Artinya mulai dari pendaftaran dan transaksi lainnya dapat dilakukan secara online. Untuk pembukaan rekening bisa melalui aplikasi mobile dan verifikasi bisa dilakukan dengan dua cara yaitu video call atau datang langsung ke kantor cabang Bank Permata yang sesuai dengan domisili.

Kartu debit PermataMe menggunakan Visa serta bebas biaya bulanan dan tanpa saldo minimum. Selain itu biaya transfer online-nya juga gratis. Untuk penarikan tunai di ATM Bersama gratis jika saldo minimum Rp.1000.000 dan jika di bawah itu adalah Rp. 7500.

Baca juga Seputar kelebihan dan kekurangan dompet digital.

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan singkat tentang Bank Digital Indonesia terbaik. Selain yang sudah di atas, kini bank-bank besar juga sudah mulai mengeluarkan produk yang bersifat digital banking namun kebanyakan masih menerapkan biaya bulanan.

Tinggalkan komentar