Cara Masuk Halaman Pertama Google Dengan Teknik SEO

Pertanyaan yang sering saya dapatkan dan juga yang sering saya cari jawabanya adalah Cara Masuk Halaman Pertama Google dan jawaban yang selalu saya temukan adalah dengan menggunakan Teknik SEO. Jadi buat kamu yang saat ini mencari artikel tentang Cara Masuk Halaman Pertama Google maka kamu datang ke website yang tepat.

Apa itu SEO? Buat kamu yang sudah lama bermain blog, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Atau bisa jadi kamu sudah melakukan beberapa tekniknya? Oke buat kamu yang belum tau apa itu SEO mari kita bahas sedikit pada artikel kali ini.

Tapi sebelum itu, kamu mungkin tertarik untuk membaca artikel yang sudah saya buat sebelumnya dibawah ini :

Oke, mari kita langsung masuk ke pembahasan tentang SEO! Simak baik baik yah!

Cara Masuk Halaman Pertama Google Dengan Teknik SEO

Pengertian SEO

Jika kamu menganggap bahwa SEO adalah teknik untuk optimasi Website atau blog agar mendapatkan rangking atau nilah yang tinggi di mesin pencari. Maka anggapan kamu adalah benar.

Benar dalam cara yang sederhana, tapi Karena SEO itu luas. Maka anggapan kamu tentang SEO masih belum terlalu benar. Karena sejati SEO adalah teknik-teknik yang digunakan untuk segala keperluan optimasi website, tidak hanya untuk mendapatkan rangking yang tinggi di mata mesin pencari.

Nah buat kamu yang mau tau lebih dalam teknik SEO lainnya, terutama teknik untuk dapat masuk ke halaman pertama google, kamu wajib banget baca artikel ini sampai selesai, karena pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentangĀ  Cara Masuk Halaman Pertama Google Dengan Teknik SEO.

Sebelum mencari tahu teknik SEO untuk melancarkan website kita ke halaman pertama google, ada baiknya kita mencari tahu dulu cara kerja dari SEO itu sendiri, agar lebih mudah memahami dan menjalankan tekniknya.

 

Cara Kerja SEO

Perlu kita ketahui bahwa mesin pencari, sepertiĀ  :

Menggunakan Algoritma unik, yang dapat menentukan konten mana yang dapat menempati rangking teratas dari hasil pencarian. Pada artikel kali ini, saya tidak akan membahas algoritma nya secara semua mesin pencari, disini kita akan membahas algoritma dari Google.

Kenapa Google? Karena kita tahu sendiri bahwa Google menguasai lebih dari 90% pasar mesin pencari di seluruh dunia alias Raksasa Mesin Pencari. Jadi sangat wajar kalau Google menjadi patokan ketika kita akan membahas tentang Algoritma mesin pencari.

Oke, yang perlu kita pahami selanjutnya adalah bahwa Google selalu mengupdate Algoritmanya tecatat sejak tahun 2011 sebanyak 8 kali google melakukan Major Update. Hal ini dilakukan tentu untuk memberikan pencarian yang lebih relevan dan tepat untuk kita sebagai pengguna.

Jadi untuk dapat mengimbangi Algoritma Google, kita harus terus belajar dan memperbarui terus teknik-tekni SEO yang sudah lama. Karena jika tidak maka kita tidak akan bisa berkembang dan bersaing dengan competitor lainnya.

Pada kasus pribadi, ketika saya belum mengetahui dan mempelajari Algoritma Google. Saya menggunakan teknik lama yaitu Keyword Stuffing. Dimana kita bisa mempraktikanya dengan memasukan focus keyword sebanyak mungkin kedalam artikel. Dan berakhir dengan di banned nya website saya karena di anggap spam.

Padahal dulu teknik ini sangat bermanfaat sekali, dan bahkan bisa menaikan artikel saya yang tidak relevan sama sekali dengan hasil pencarian.

Lalu, kalau seperti itu apa yang bisa kita lakukan? dan bagaimana caranya agar kita bisa mengimbangi Algoritma Google? Berikut dibawah ini adalah Teknik Utama SEO dari Algoritma Google terbaru.

Teknik ini tidak selamanya berjalan, seperti yang saya jelaskan tentang Keyword Stuffing. Jadi jangan lupa untuk memperbarui teknik SEO terupdate kalian.

Struktur URL

Teknik yang bisa kamu lakukan dan gratis, untuk menggunakan teknik ini kamu cukup membuat struktur URL yang sedeharna. Hal ini dimaksudkan agar mesin pencari mudah untuk mengenal website kita dan topik atau niche dalam website kita.

Saran saya, kamu bisa membuat URL sederhana dengan membuatnya seperti ini : https://www.namawebsiteanda.com/judulkonten Dimana, kita hanya menampilkan nama domain kita dan langsung masuk ke judul artikel.

Penggunaan SSL/TLS

Google, sejak tahun 2014 sudah mulai memprioritaskan website yang menggunakan SSL/TLS. Hal ini karena SSL/TLS dapat mengenskripsi semua transfer data yang terjadi pada website tersebut dimana menjadi jaminan keamanan data pengguna.

Hal ini juga di dukung oleh peramban Google Chrome, yang menandai website yang tidak menggunakan SSL/TLS sebagai Not Secure / tidak aman. Jadi jika website kamu belum menggunakan SSL/TLS sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengaktifkanya.

Topik Konten

Untuk dapat memenangkan peperangan, kamu harus memiliki beberapa senjata juga strategi yang baik. Dalam dunia blog juga seperti itu. Setidaknya kamu harus memiliki beberapa topik konten yang kamu bahas dalam website kamu. Dan harus saling berhubungan satu sama lainnya.

Hal ini sangat baik untuk membangun strukstur website, jadi sekarang mulailah menentukan beberapa topik yang saling berkaitan dan mulai menulis mengenai topik-topik yang sudah ditentukan.

Masih bingung? Mari saya kasih contoh simpelnya, jika kamu memiliki website tentang Wisata maka kamu bisa membuat tiga topik utama yaitu. Wisata Kuliner, Wisata Gunung dan Wisata Laut. Dimana ketiga topik itu akan selalu saling berkaitan.

Hasil jika kamu menulis konten yang saling berkaitan adalah kemungkinan website kamu berada di halaman pencarian google akan semakin besar. Kenapa? Karena website yang memiliki konten yang saling berkaitan akan dengan mudah dikenali oleh mesin pencari.

Meta Tags

Jangan pernah meremehkan Meta Tags, kenapa? Karena meta tags memiliki fungsi yang tidak kalah penting. Yaitu membantu Google untuk mengerti dan memahami keseluruhan konten dari sebuah halaman website. Setidaknya ada dua Meta Tags yang mesti kamu ketahui, yaitu :

  • Title tag

Dimana title Tag adalah judul artikel yang kamu buat, dan yang akan muncul di hasil pencarian. Untuk itu usahakan judul artikel yang kamu buat tidak perlu terlalu panjang, karena akan di potong google sesuai standar yang berlaku.

  • Meta description

Meta Description adalah teks yang berfungsi merangkum isi konten yang kita buat, dan akan muncul di hasil pencarian. Posisi dari Meta Description ini sendiri berada di bawah judul dan Url artikel kita. dan biasanya terdiri dari 120 sampai dengan 130 karakter.

Backlink

Kalau tidak salah, saya sudah sempat membahas ini di artikel saya sebelumnya yang berjudul Pengertian Page Authority Dan Cara Aman Meningkatkan Page Authority kamu bisa membaca pembahasan tentang backlink disana, karena lebih lengkap.

Kecepatan Website

Kecepatan website menjadi salah satu hal yang beperan besar dalam mendukung kita masuk dalam jajaran website yang ada di halaman pertama googel. Hal ini karena Google sudah menetapkan kecepatan loading website sebagai salah satu syarat utama untuk dapat masuk kedalam halaman pertama mesin pencari. Semakin cepat loading websitenya, semakin besar juga kemungkinan kamu berada di halaman pertama google.

Oke, sekian artikel dari saya yang membahas tentang Cara Masuk Halaman Pertama Google Dengan Teknik SEO, semoga artikel ini membantu kamu yah!

 

Satu pemikiran pada “Cara Masuk Halaman Pertama Google Dengan Teknik SEO”

Tinggalkan komentar