Ahrefs Webmaster Tools vs Google Search Console

Ahrefs Webmaster Tools vs Google Search Console – Belum lama ini Ahrefs mengeluarkan fitur Ahrefs Webmaster Tools yang dapat digunakan oleh para blogger secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar saja, membuat project baru, verifikasi domain, dan cara lebih lengkapnya dapat baca di blog andhikayp.com.

Para praktisi SEO seperti mas Irvan pun mencoba fitur dari Ahrefs tersebut, meskipun memiliki banyak batasan. Namun, kami pikir ada beberapa keunggulan Ahrefs Webmaster Tools ketimbang Google Search Console.

Nah, berikut ini beberapa perbandingan keunggulan dan kekurangan dari dua fitur yang sama-sama powerfull dalam bidangnya masing-masing,

Ahrefs Webmaster Tools

Yang pertama kita bahas adalah Ahrefs Webmaster Tools. Anda dapat membuat akun secara gratis di sana tanpa perlu bayar $7 untuk trial seperti Ahrefs yang utama.

Kelebihan Ahrefs Webmaster Tools

  1. Adanya fitur Site Audit

Bagaimana cara kerja Ahrefs sehingga dapat memberikan informasi seberapa ‘sehat’ situ kita? Jadi, setelah mendaftar kita dapat melalukan request Crawl untuk website yang kita daftarkan sebelumnya. Nanti bot Ahrefs akan menelusuri setiap bagian dari situs Anda.

Pastikan dalam pengaturan Robot.txt Anda tidak memblokir bot crawler ya. Lalu, dalam menu Site Audit ini report utamanya seperti berikut:

site audit ahrefs
site audit ahrefs

Apabila Health Score situs Anda 100 maka tidak ada masalah signifikan yang harus segera Anda perbaiki. Meskipun dalam gambar di atas ada 14 peringatan, tetapi peringatan tersebut bukan yang terlalu penting.

Contohnya : 3XX redirect. Situs yang awalnya http lalu dialihkan ke https maka akan masuk sebagai warning dalam laporan Ahrefs Webmaster Tools. Ini sebenarnya hal yang bagus karena dalam algoritma Rankbrain, faktor HTTPS itu sangat penting.

  1. Cek backlink

Semua fitur cek backlink Ahrefs dapat Anda nikmati secara gratis, khusus untuk mengecek riwayat backlink web Anda.

Mulai dari mengecek backlink baru, backlink yang hilang, hingga backlink yang rusak. Fitur untum nengecek anchor text backlink yang digunakan, referring IP, dll.

  1. Melihat keyword yang masuk di web

Dalam fitur ini Anda dapat melihat berapa banyak keyword secara organik yang berhasil website Anda ranking. Untuk situs baru mungkin hasilnya masihg N/A.

Selain melihat daftar kata kunci yang terjaring oleh website Anda, laporan berapa volume pencariannya dalam sebulan dan seberapa ketat kata kunci tersebut sudah ada dalam Ahrefs Webmaster Tools.

Baca juga : kumpulan-script-termux-lengkap-terbaru-2021-dan-cara-menggunakan

Baca juga : Cara Mengatasi Sellers.Json di Google Adsense

Kekurangan Ahrefs Webmaster

fitur-fitur ahrefs
fitur-fitur ahrefs

Selanjutnya kekurangannya. Dalam Ahrefs Webmaster Tools Anda tetap akan menjumpai tampilan yang sama seperti Ahrefs biasa. Namun, bedanya dari beberapa menu di atas hanya menu Site Audit dan Site Explorer yang dapat Anda buka secara gratis.

Emang dasaranya ini adalah Webmaster Tools yang mana hanya informasi seputar situs Anda yang akan ditampilkan data-datanya seperti jumlah backlink, halaman paling banyak views-nya, hingga kata kunci apa saja yang blog Anda rangking.

Menurut kami itu kekurangan paling krusial dari Ahrefs Webmaster Tools yang mana gratis. Jadi, wajar kita tidak dapat menikmati semua fiturnya.

Baca juga : browser-android-terbaik-untuk-download-file-besar

Google Search Console

Praktisi SEO mana yang belum kenal dan belum pernah menggunakan Google Search Console? Secara ini adalah tool yang wajib untuk mengecek kesehatan situs Anda secara gratis dan lengkap semua fiturnya karena buatan Google itu sendiri.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan GSC menurut kami.

Kelebihan Google Search Console

  1. Dapat mengecek keyword yang dirangking tiap halamannya

Dengan fitur ini Anda bisa lebih optimasi artikel yang kata kuncinya belum berhasil masuk ke page one. Setelah mendapatkan beberapa kata kunci yang dirangking artikel tertentu, selanjutnya optimasi artikel yang sudah ada dengan menambahkan pembahasan atau buat artikel pendukungnya.

  1. Dapat disavow backlink tidak berkualitas

Karena Google Search Console terhubung dengan database Google, Anda dapat request untuk meminta menghapus backlink tidak berkualitas yang didapat situs Anda.

Biasanya backlink tidak berkualitas ini dihasilkan dari orang lain yang melakukan AGC terhadap situs Anda atau kerjaan orang yang tidak suka situs Anda berhasil.

Kekurangan Google Search Console

Untuk kekurangannya ini akan kami tuliskan dalam bentuk urutan ya agar penjelasannya dapat lebih banyak.

  • Backlink yang ditampilkan untuk situs hanya 1000 teratas
  • Tidak ada informasi tipe backlink yang mengarah ke situs Anda
  • Tidak ada metrik SEO untuk halaman dan kata kunci
  • Snapshot SERP dengan data kompetitif itu tidak ada
  • Tidak ada juga fitur SERP untuk setiap kata kunci

 

Demikianlah penjelasan Ahrefs Webmaster Tools vs Google Search Console apabila diadu kelebihan dan kekurangannya. Kembali lagi ke kegunaan dan kebutuhan situs Anda. Apakah perlu mendaftar Ahrefs Webmaster juga atau cukup sekadar Google Search Console.

 

Tinggalkan komentar