11 Makanan yang Baik dikonsumsi Saat Batuk dan Flu

Batuk dan Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang umum. Namun meski demikian penyakit ini tidak boleh diremehkan begitu saja karena dirasa cukup mengganggu aktivitas. Batuk dan flu kerap menyerang tubuh saat musim hujan. Saat terserang flu, kedua hidung dapat tersumbat sehingga mengganggu kemampuan indra penciuman dan akhirnya nafsu makan pun berkurang. Maka dari itu kita harus tetap menjaga tubuh kita agar tidak mudah jatuh sakit. Apalagi di saat musim pandemi seperti saat ini. Namun jika anda merasakan batuk dan flu, ada baiknya anda beristirahat dengan cukup dan untuk membantu pemulihan berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat batuk.

 

Makanan yang baik dikonsumsi Saat Batuk dan Flu

Jamur

Tumbuhan ini sudah sejak lama menjadi bagian dari bahan untuk penyembuhan di China. Sifat antivirus karena mengandung vitamin D yang cukup banyak. Jamur dapat menghasilkan protein, sitokin, yang berfungsi untuk melawan infeksi. Jamur juga mengandung polikasarida, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dari itu, jamur merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat batuk.

 

Makanan Berkarbohidrat

Mengkonsumsi karbohidrat saat beraktivitas dapat membantu menghindari disfungsi kekebalan tubuh, dan mencegah inflamasi kekebalan tubuh karena hormon stres yang dikeluarkan saat beraktivitas. Karbohidrat membantu kita melawan gejala pilek dan batuk. Namun perlu diingat, jangan mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

 

Ikan

Sudah banyak orang mengetahui jika ikan adalah sumber yang kaya akan nutrisi. Ikan memiliki kandungan vitamin D dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin D pada ikan yang berlemak juga bisa berfungsi menjaga tingkat tekanan darah. Vitamin D yang terkandung dalam ikan dapat membantu mengurangi risiko kanker serta membantu bagi anda yang sedang diet.

 

Minuman Jahe

Jahe adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat batuk. Jahe merupakan bahan rempah terbaik untuk membantu meredakan batuk karena kandungan sesquiterpenes di dalamnya. Senyawa ini berfungsi untuk menekan dan meredakan batuk serta membantu membuat pernafasan menjadi lebih nyaman. Gingerol yang terkandung dalam jahe juga berfungsi sebagai anti-inflamasi yang bisa melawan infeksi. Anda dapat mencampurkan jahe dengan teh herbal dengan memarutnya dan menambahkannya ke dalam minuman teh herbal hangat. Selain ke dalam teh herbal, anda juga bisa mencampurkannya ke dalam susu kedelai hangat. Tentunya ini sangat cocok dinikmati di malam hari.

 

Madu

Merupakan hasil produksi lebah dari nektar bunga ini kerap disebut sebagai obat yang ampuh untuk beberapa penyakit seperti luka. Termasuk sebagai salah satu bahan makanan yang dinilai baik untuk dikonsumsi saat flu dan batuk. Madu juga baik untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh flu. Memiliki sifat antioksidan dan antimikroba alami yang berfungsi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, jamur, dan juga bakteri. Cara terbaik untuk menikmatinya saat batuk adalah menambahkannya ke dalam susu kedelai atau teh herbal hangat. Bila perlu anda bisa mengkolaborasikannya bersama dengan jahe.

 

Tomat

Bagi anda yang vegetarian dan tak suka sup ayam, maka sup tomat adalah pilihan yang tepat untuk anda konsumsi di saat batuk atau flu. Tomat sebagai sayuran mengandung antioksidan dan juga likopen. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi likopen dapat menurunkan penyebab stres yang bersifat oksidatif. Serta menangkal radikal bebas yang terjadi saat infeksi.

 

Sayuran Hijau

Segala jenis sayuran hijau merupakan sumber vitamin E dan antioksidan yang baik. Antioksidan berperan penting dalam fungsinya untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Ketika anda flu dan pilek, sayuran hijau sangat baik untuk membantu meredakan gejalanya.

 

Coklat Hitam

Coklat hitam memiliki kandungan alkaloid pahit atau disebut sebagai theobromine yang menurut penelitian membantu untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh flu. Mengkonsumsi coklat hitam tentunya sangat enak rasanya dan dipercaya dapat menurunkan stres Selain itu, banyak manfaat lainnya yang terkandung dalam coklat hitam.

 

Makanan Mengandung Zinc

Zinc adalah nutrisi yang anda butuhkan ketika sedang sakit flu dan batuk. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa zinc dapat membantu untuk sistem kekebalan tubuh dan senyawa zinc bisa mengurangi perasaan dingin. Salah satu makanan yang mengandung zinc adalah daging sapi. Tiga ons daging sapi yang direbus memiliki kandungan sekitar 7mg zinc. Jumlah itu adalah setara dengan setengah dari kebutuhan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa. Daging sapi juga merupakan sumber protein yang baik dan juga vitamin B. Penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan mengandung zinc ketika awal menderita batuk dan pilek, dapat mempercepat penyembuhan. Sedangkan sayuran yang mengandung zinc adalah buncis dan juga biji labu.

 

Vitamin C

Jika anda sedang sakit flu dan batuk maka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C dan jika perlu, mengkonsumsi suplemen vitamin C yang dijual bebas di pasaran. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih. Makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah buah-buahan seperti nanas, jeruk, tomat, lemon, pepaya, dan juga buah lainnya.

 

Sup Ayam

Makanan yang baik untuk dikonsumsi saat batuk selanjutnya adalah sup ayam berkuah hangat. Makanan ini dianjurkan saat batuk karena dapat mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernafasan dan juga bisa membantu meredakan peradangan. Sebaiknya, sup ayam juga disajikan bersama dengan aneka sayuran hijau.

 

 

Makanan yang Harus dihindari Saat Batuk

 

Selain ada makanan yang baik untuk dikonsumsi saat batuk dan flu, tentunya ada makanan lainnya yang justru harus anda hindari agar dapat mempercepat penyembuhan dan tidak semakin memperparah batuk itu sendiri.

 

Hindari Makanan Yang digoreng

 

Salah satu yang harus dihindari saat anda batuk adalah segala sesuatu makanan yang digoreng. Jika anda sering mendengar anjuran agar tidak memakan gorengan saat batuk, itu memang benar adanya. Yang membuat kondisi semakin parah bukanlah jenis makanannya, melainkan minyak yang digunakan. Minyak inilah yang akan membuat batuk semakin parah dan membuat tenggorokan semakin tidak nyaman.

 

Makanan Pemicu Alergi

Alergi adalah salah satu masalah yang dapat memicu batuk. Selain infeksi virus, batuk juga disebabkan oleh alergi yang dipicu oleh makanan dan minuman. Berbagai makanan yang dapat menjadi pemicu alergi adalah makanan laut atau seafood, telur, kacang-kacangan, susu sapi, dll. Namun yang paling sering diderita orang adalah alergi seafood. Dari itu, hindarilah memakan seafood jika anda sedang batuk karena akan semakin memperparah kondisi.

 

Makanan Olahan

Makanan olahan adalah salah satu makanan yang harus dihindari saat batuk. Termasuk makanan ringan dalam kemasan seperti keripik dan makanan manis. Makanan olahan seperti itu cenderung tidak mempunyai kandungan gizi sehingga melemahkan imun tubuh. Itulah kenapa anda perlu anda perlu nutrisi yang cukup saat batuk.

 

Baca juga : tak-perlu-obat-obatan-berikut-tips-menjadikan-berat-badan-ideal

 

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat mengenai makanan apa yang baik untuk dikonsumsi saat batuk serta yang harus dihindari. Jika anda batuk atau flu dalam waktu yang cukup lama. Ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

 

 

 

Tinggalkan komentar