Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Ketika Traveling

Bagaimana sih cara menjaga kesehatan tubuh ketika travelling? Traveling merupakan momen yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk menghilangkan kejenuhan dengan aktifitas sehari-hari maupun murni karena hobi. Namun, tak sedikit pula yang terlena dengan keseruan ketika berjalan-jalan, sehingga kebablasan dan mengeluhkan sakit sepulang dari traveling.

Banyak faktor yang menyebabkan kesehatan tubuh menurun ketika berjalan-jalan. Misalnya saja tidak cukup tidur, pola makan yang berantakan, makanan dan minuman yang tidak higienis, kelelahan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, ketika berencana melakukan traveling, Anda tidak hanya perlu mempersiapkan tujuan destinasi wisata yang akan dikunjungi saja, tetapi juga mempersiapkan hal-hal yang akan menunjang kesehatan Anda selama traveling.

 

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Travelling

 

1. Sarapan

Cara menjaga tubuh agar sehat ketika traveling yang pertama adalah sarapan. Sarapan seringkali dianggap tidak penting sehingga diabaikan banyak orang.

Namun, sarapan juga tidak boleh berlebihan. Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi makanan yang anda makan ketika sarapan. Anda bisa memilih sarapan dengan oatmeal, roti gandum, maupun segelas susu.

 

2. Minum air putih yang cukup

Menempuh perjalanan yang panjang, berkeliling kesana-kemari, serta membawa barang bawaan yang tidak sedikit pastinya sangat menguras tenaga dan cairan tubuh Anda.Lebih dari 70% tubuh manusia adalah cairan. Kebayang kan, bagaimana jadinya jika tubuh Anda kekurangan cairan?

Tentunya kesehatan dan kesegaran tubuh menjadi terganggu. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Anda harus memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik selama perjalanan. Bawalah tumblr alias botol minum sendiri untuk menjaga kebersihan, apalagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini.

 

3. Mencuci tangan

Bagi Anda yang ingin tubuh Anda tetap terjaga sehat dan bugar selama traveling, Anda disarankan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh makanan. Mencuci tangan bermanfaat untuk menghindari resiko dari penyakit berbahaya yang mungkin saja Anda dapatkan sepanjang perjalanan. Tangan Anda ketika traveling tentu saja telah menyentuh banyak barang bukan? Barang yang belum pasti kehigienisannya ini tentu sangat berbahaya jika tidak dibersihkan.

Sehingga, untuk menghilangkan bakteri berbahaya yang ada ditangan ketika melakukan perjalanan jauh, Anda harus mencuci tangan sebelum makan, setelah memegang benda di tempat umum, dan setelah dari toilet umum.

 

4. Mengonsumsi vitamin

Vitamin berguna untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ketika traveling. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Biasanya banyak orang yang kesusahan mengatur pola makannya ketika traveling.

Oleh karena itu, selain makan makanan bergizi dan minum air putih yang cukup, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi multivitamin dan suplemen kesehatan untuk sehari-hari ketika traveling. Dengan rutin mengonsumsi multivitamin, kesehatan tubuh Anda diharapkan dapat terjaga dengan baik.

Jika anda masih bingung sebaiknya mengonsumsi vitamin yang mana, ada baiknya Anda memilih untuk mengonsumsi vitamin C yang sudah teruji dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu Anda juga wajib membawa obat-obatan pribadi untuk antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan selama traveling.

 

5. Istirahat yang cukup

Traveling akan menjadi menyenangkan ketika tubuh Anda dalam keadaan prima dan bugar. Jika kondisi tubuh Anda tidak bugar, maka tentu akan berdampak kepada keseruan Anda bertraveling.

Nah, untuk mendapatkan keadaan tubuh yang prima dan bugar, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki istirahat yang cukup.

Istirahat membantu Anda untuk mengembalikan tenaga yang terkuras ketika diperjalanan dan traveling. Selain itu istirahat juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga dengan istirahat yang cukup, Anda dapat menikmati traveling anda tanpa merasa ngantuk, lesu, dan lemas.

Baca juga : Berikut-tips-menjadikan-berat-badan-ideal

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh ketika traveling yang dapat Anda coba.

Melakukan perjalanan jauh tentu saja boleh, tapi Anda juga jangan lupa untuk menjaga stamina agar bisa fit ketika traveling maupun sepulang traveling nanti.

Selamat liburan!

 

 

Satu pemikiran pada “Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Ketika Traveling”

Tinggalkan komentar