Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal Selama Pandemi

Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal Selama Pandemi – Pandemi yang sedang terjadi berdampak terhadap seluruh kegiatan masyarakat. Selama pandemi, masyarakat disarankan untuk bekerja dari rumah dan membatasi kegiatan di luar rumah.  Aktivitas yang terbatas, terkadang mengakibatkan anda sulit untuk menjaga berat badan tetap ideal.

 

Pentingnya Menjaga Berat Badan

Berat badan tentu akan mempengaruhi kesehatan kita. Berbagai macam penyakit akan timbul karena berat badan yang tidak ideal. Baik untuk orang yang obesitas ataupun kekurangan berat badan. Terkadang berat badan juga mempengaruhi tingkat percaya diri bagi sebagian  orang.

 

Tips Menjaga Berat Badan

Berikut tujuh tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal meskipun di rumah saja :

 

Atur konsumsi makanan

Siapkan menu makanan anda sehari-hari. Pilih makanan yang berserat tinggi dan kaya akan protein. Selama pandemi, anda akan memiliki banyak waktu luang di rumah, sehingga anda dapat dengan mudah munyusun konsumsi gizi anda sehari-hari. Makanan seperti kacang-kacangan, telur dan sayur berwarna dapat menjadi pilihan menu anda sehari-hari.

 

Minum air putih

Meskipun anda hanya di rumah saja dengan aktivitas yang tidak terlau berat, anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Hal ini dikarenakan air putih sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu kelancaran saluran pencernaan anda. Minum air putih juga dapat membantu pembakaran lemak dalam proses metabolisme sehingga anda dapat memperoleh berat badan ideal.

 

Olahraga secara rutin

Luangkan waktu anda selama tiga puluh menit sampai satu jam untuk berolahraga setiap harinya. Misanya, anda ingin menambah massa otot, anda dapat melakukan olahraga seperti push up, squat, dan gerakan lainnya untuk menambah massa otot. Anda dapat menonton video sebagai referensi anda sambil berolahraga sehingga olahraga akan terasa menyenangkan.

 

Hindari stress

Aktivitas yang terkendala selama pandemi dapat mengakibatkan anda mengalami stress. Oleh karena itu, anda dapat menghindarinya dengan melakukan berbagai hobi anda yang dapat dilakukan di rumah. Misanya menonton film, membaca buku, berkebun, dan lain sebagainya. Aktivitas ini dapat membentu anda untuk tetap berpikir positif sehingga anda tidak gampang stress yang dapat berdampak terhadap berat badan anda.

 

Makan tepat waktu

Meski terdengar sepele, makan tepat waktu dapat membantu anda untuk menjaga berat badan tetap ideal. Makan dengan tepat waktu dapat membantu proses metabolisme anda lebih baik sehingga berat badan tetap ideal. Selain itu, makan tepat waktu menjaga anda terhindar dari berbagai penyakit seperti magh dan obesitas yang berdampak pada berat badan anda. Selain berdampak terhadap berat badan anda, makan tepat waktu juga berpengaruh terhadap konsentrasi anda.

 

Atur porsi makanan

Porsi makanan anda tidak boleh terlalu berlebihan dan terlalu sedikit. Atur porsi makanan anda sesuai kebutuhan agar berat badan anda tetap ideal. Penentuan jumlah kalori setiap orang berbeda-beda. Anda dapat menghitung sendiri berapa kalori yang anda butuhkan setiap hari dengan menggunakan rumus Broca :

Berat badan ideal (kg) =[(tinggi badan (cm)-100)] – [(tinggi badan (cm)- 100) x 10%]

Baca juga : Tips hitung konsumsi keperluan kalori untuk badan

Membiasakan Sarapan

Sarapan sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan anda. Apabila anda melewatkan sarapan, anda akan merasa lapar di siang hari sehingga anda tidak dapat mengontrol porsi makan anda di siang hari.

 

Tujuh tips tersebut dapat membantu anda menjaga berat badan anda tetap ideal selama masa pandemi. Namun, tips tersebut harus anda terapkan secara rutin. Anda tidak akan memeperolehnya secara instan. Tetap konsisten dengan pencapaian yang akan anda raih.

 

 

 

Do you want to download anime or manga? here it is!

Satu pemikiran pada “Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal Selama Pandemi”

Tinggalkan komentar