Langkah Hitung Konsumsi Keperluan Kalori untuk Badan Anda

Langkah Hitung Konsumsi Keperluan Kalori untuk Badan Anda

 

Tiap orang mempunyai keperluan kalori yang lain, bergantung pada goals yang pengin diraih. Misalkan saja pengin meningkatkan, turunkan, atau menjaga berat tubuh. Selain itu, ada faktor-faktor yang memengaruhinya, seperti umur, tipe kelamin, dll. Agar konsumsi kalori tercukupi, karena itu Anda harus tahu langkah hitung keperluan kalori yang betul.

 

Kalori ialah jumlah energi yang ada dalam konsumsi makanan dan minuman. Tetapi, kalori dapat berbentuk energi yang dikeluarkan waktu lakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Bila Anda merencanakan diet, karena itu kalori yang dimakan dan dikeluarkan harus lebih sedikit. Sesaat untuk menambahkan berat tubuh, karena itu jumlah konsumsi kalori harus lebih banyak.

 

Keperluan Konsumsi Kalori Harian

Keperluan kalori rerata pria dewasa /hari ialah 2.500 kkal, sedang wanita dewasa 2.000 kkal. Tetapi jumlah itu dapat dikuasai oleh beberapa factor, terhitung umur. Bersamaan dengan bertambahnya umur, terutamanya saat masuk lansia, aktivitas fisik seorang umumnya akan makin berkurang. Oleh karenanya, konsumsi kalori yang diperlukan tidak demikian tinggi.

 

Sesaat pada umur beberapa anak keperluan kalori sekitar 1.000 – 2.500 kkal /hari. Sedang pada bentang umur remaja, memerlukan konsumsi mulai 1.400 – 3.200 kkal, sama sama orang dewasa. Jika disaksikan berdasar pada tipe kelamin, karena itu keperluan kalori anak lelaki /harinya umumnya semakin tinggi jika dibanding anak wanita.

 

Tutorial Hitung Keperluan Konsumsi Kalori

Untuk mengenali keperluan konsumsi kalori harian yang pas sesungguhnya tidak demikian susah. Apa lagi, sekarang ini telah ada bermacam program dan situs kalkulator BMR yang bisa dipakai secara gratis. Langkah hitungnya juga gampang, Anda tinggal masukkan nama makanan atau minuman yang dimakan. Kemudian, akan tampil jumlah kalori yang ada di menu itu.

 

Jika Anda sedang jalankan program pengurangan berat tubuh, karena itu seharusnya waspada dengan konsumsi kalori yang masuk di badan. Jangan cuman mengira-ngira berdasar pada berapa banyak makanan yang dimakan. Sebab bahan baku makanan mempunyai kandung kalori berlainan, apa lagi jika makanan itu diperlengkapi dengan bumbu, kecap, topping lain, dan sauce.

 

Kecuali memakai kontribusi program, masihlah ada langkah hitung keperluan kalori yang lain bisa Anda untuk jadikan rujukan. Walau tidak demikian ringkas, tetapi bisa disebut recommended untuk diterapkan. Beberapa salah satunya sebagai berikut :

 

 Menggunakan gelas ukur untuk mengukur makanan yang akan dimakan, misalkan beras, lain-lain, dan pasta. Sayang, ini pasti tidak bisa Anda kerjakan waktu makan di luar rumah.

 Menimbang bahan makanan secara berkala. Walau sedikit menyusahkan, tetapi benar-benar worth it. Sebab dengan demikian, konsumsi kalori akan terbangun, dan Anda dapat memperoleh bodi goals yang diidam-idamkan.

 Ketika makan di luar, karena itu Anda dapat memakai trick perbedaan, agar kalori yang masuk di badan terkontrol.

Tak Perlu Obat-Obatan , Berikut Tips Menjadikan Berat Badan Ideal

Contoh gampangnya dengan lakukan beberapa langkah ini :

1 jatah nasi / pasta (100 gram) : 1 pegang penuh

1 jatah ikan (85 gr) : memiliki ukuran seperti buku kwitansi

1 jatah daging (85 gr) : 1 kotak kartu remi

1 jatah sayur hijau (150 gram) : 1 bola baseball

Saat itu, untuk mengenali berapakah kalori yang diperlukan oleh badan sehari-harinya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mensosialisasikan berkenaan rumus hitung keperluan kalori basal (KKB) secara betul dan baik.

 

Triknya sebagai berikut :

Ukur tinggi tubuh (TB) dalam unit cm, dan berapakah berat tubuh bagus (BBI) memakai rumus :

Berat Tubuh Bagus = TB-100) – (-10% hasil TB -100)

Lelaki = 30 kkal x BBI

Wanita = 25 kkal x BBI

 

Jadi, jika Anda ialah wanita dengan tinggi tubuh 155 cm, karena itu BBI Anda ialah:

BBI = (155 – 100) – (10% x (155 – 100)) = 55 – (10% x 55) = 55 – 5,5 = 49,5 kg

Sebab yang dihitung ialah keperluan kalori basal harian wanita, karena itu hasilnya :

KKB Wanita = 25 kkal x 49,5 = 1.237,5 kkal

 

Langkah Membakar Kalori untuk Turunkan Berat Tubuh Alami

 

Bila Anda dengan maksud turunkan berat tubuh dengan alamiah dengan kurangi konsumsi membakar kalori, atau kalori. Pastinya akan memunculkan dampak seperti lapar. Tetapi, hal itu sesungguhnya bisa ditangani dengan cara-cara, yaitu mengubah pola hidup dan skema makan menuju yang lebih sehat.

 

Berikut pilihan alternatif kalori untuk diet yang dapat diterapkan.

 Mengkonsumsi makanan kaya protein tinggi

 Hindari bermacam minuman bersoda dan memiliki kandungan gula

 Lebih banyak minum air putih, air mineral, atau air elektrolit

 Mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat

 Olahraga dengan teratur

Langkah hitung keperluan kalori basal di atas dapat jadi rujukan untuk mengenali konsumsi yang dibutuhkan. Tetapi tidak dapat langsung jadi parameter kesehatan seorang. Anda harus hitung keperluan kalori secara keseluruhan, sebab hasilnya tentu berbeda. Supaya lebih terang, dianjurkan mengontak specialist nutrisi untuk memperoleh hasil akurat.

 

 

 

 

Want to watch anime? Click here “Anime”

Do you want to download anime or manga? here it is!

Tinggalkan komentar