Gimana Caranya Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis saat Booting / menyala ?

Cara Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis Saat Startup Laptop/PC Menyala – Hai Kawan Thecuy! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan suatu tips yang berhubungan dengan windows, terutama dalam hal sistem.

Karena tips ini akan membahas bagaimana cara kita mematikan atau men-disable aplikasi/software yang berjalan otomatis ketika startup komputer, atau ketika komputer dinyalakan pertama kali.

Karena pada dasarnya, windows menetapkan sejumlah software untuk dimulai secara otomatis saat startup, hal ini berguna agar software yang dijalankan otomatis tersebut dapat berjalan tanpa kita harus secara manual membukanya terlebih dahulu, sehingga akan menghemat waktu dan tenaga.

Selain itu, hal ini dikarenakan kebanyakan aplikasi/program yang berjalan secara otomatis (Berjalan di Background) ketika startup ini adalah aplikasi/program yang sifatnya layanan/service. Sebagai contoh, adalah aplikasi googledrivesync.exe.

Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk sinkronisasi otomatis file yang ada di komputer kita dengan file yang ada di akun Google Drive kita. Tentu saja akan sangat rumit dan menguras tenaga jika setiap startup kita harus membuka semua layanan tersebut satu-persatu, sehingga disitulah kegunaan dari sistem windows yang dapat membuka otomatis program/aplikasi ketika startup ini.

Namun, tentu dibalik kelebihan ada pula kekurangan, Kekurangan ketika kita terus memperbanyak aplikasi yang berjalan otomatis ketika komputer dinyalakan ini adalah tentu saja komputer akan berjalan lebih lambat, terutama ketika startup, karena disaat itulah program-program ini dijalankan secara bersamaan.

Sehingga semakin banyak aplikasi yang kita tetapkan untuk beralan otomatis ketika startup, maka akan semakin berat pula kinerja komputer ketika startup. Untuk itu, disini saya akan memberikan tutorial kepada anda semua Cara Mematikan Aplikasi/Software Yang Berjalan Otomatis Saat Startup Pada Windows.

 

berikut Cara Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis :

  • Pertama, Jalankan komputer anda, buka sampai windows benar-benar menyala.
Gimana Caranya Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis saat Booting / menyala ?
  • selanjut nya Cara Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis :ketika Windows+R, maka akan muncul jendela Run. Langsung saja ketikan ” msconfig ” (tanpa tanda petik).
Gimana Caranya Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis saat Booting / menyala ?
  • Maka akan terbuka jendela System Configuration, lalu klik pada tab Startup.
Gimana Caranya Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis saat Booting / menyala ?
  • Jika anda pengguna Windows 8 kebawah mungkin akan langsung terlihat daftar program yang berjalan saat startup, namun disini menggunakan Windows 10, dan ada petunjuk bahwa untuk melihat program yang berjalan saat startup, kita harus membuka tab Startup yang berada di Task Manager. Langsung saja klik Open Task Manager.
Gimana Caranya Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis saat Booting / menyala ?
  • Maka akan terbuka jendela Task Manager tepat di tab Startup. Terlihat nama -nama program yang berjalan otomatis saat startup. Status ini berarti apakah dia berjalan otomatis atau tidak pada saat startup, disinilah kita bisa modifikasi supaya program bisa kita matikan untuk tidak berjalan secara otomatis saat startup. Gimana Caranya Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis saat Booting / menyala ?
  • Sekarang tinggal pilih program mana yang akan anda disable saat startup, disini saya mengambil contoh akan men-disable Skype, lalu tinggal klik kanan, dan pilih Disable.

Baca juga : cara-membuat-aplikasi-android/

Demikian, Tutorial Menonaktifkan Software Yang Berjalan Otomatis Saat Startup. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat.

6 pemikiran pada “Gimana Caranya Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis saat Booting / menyala ?”

Tinggalkan komentar