Tak Perlu Khawatir, Belajar Di Rumah Juga Bisa Asik Ko, Begini Tipsnya

Hampir satu tahun berlalu, ternyata Pandemi ini tidak lekas berakhir.. Pandemi Covid-19 tak dimungkiri telah mendatangkan keprihatinan bagi hampir seluruh masyarakat di dunia. Betapa tidak, bukan saja cara kita berinteraksi yang berubah lantaran pandemi ini, tetapi juga cara kita beraktivitas.Dari mulai pekerjaan, sekolah, kegiatan keagamaan terpaksa dibatasi untuk sementara. Diantara sekian banyak sektor yang terpengaruh,sepertinys pendidikan adalah satu yang paling krusial. Alih-alih ke sekolah, kini para siswa terpaksa harus belajar dari rumah. Para ibu rumah tangga pun akan semakin di sibukkan dengan tugas anak dari sekolah. Supaya tidak bosan, beragam tips belajar yang efektif pun dibagikan.

Memasuki tahun ajaran baru dan masuk sekolah, sekali lagi menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua yang harus berurusan dengan sekolah virtual bagi anak-anaknya. Disisi urusan rumah yang juga menyibukkan sekarang ditambah dengan hal seperti ini. Padahal, rumah sejatinya adalah tempat untuk beristirahat, bermain dan bersosialisasi. Namun, selama masa pandemi Covid-19 rumah mejadi tempat belajar dan sekolah secara virtual.

Persoalan seperti pendampingan, mengajak anak fokus belajar, koneksi internet atau gadget yang lelet, dan banyak lainnya pun menjadi hal yang harus dihadapi sebagian besar para orang tua.

Namun, untuk mengajak anak fokus belajar sebenarnya tak berarti orangtua harus menyediakan ruang belajar khusus. Ruang apapun bisa, selama itu membuat nyaman. Karena hanya dengan cara itu proses belajar mengajar bisa lebih efektif.

Berikut ini beberapa tips belajar efektif di tengah pandemi virus corona, agar kegiatan belajar virtual berlangsung menyenangkan. Yang merasa orang tua, yuk disimak!

Pilih Ruangan Belajar

Tempat yang nyaman menjadi kunci dalam melakukan belajar  atau sekolah  secara virtual. Pilih ruangan yang membuat anak nyaman dan manfaatkan ruangan atau halaman rumah  dengan sirkulasi udara yang baik. hindari belajar diatas tempat tidur ataupun didepan televisi sebab akan merusak konsentrasi anak.

Tetapkan Waktu Belajar Efektif

Terapkan disiplin atau kebiasaan dan juga tanggungjawab untuk konsisten dalam memulai waktu belajar atau sekolah seperti halnya di sekolah. Tetapkan waktu yang tepat untuk memulai belajar dan tentukan juga batas waktu untuk memulai sekolah virtual atau belajar. Hal ini dilakukan agar anak dalam menjalankan sekolah virtual tidak dalam kondisi dipaksa ataupun terpaksa melakukannya. Dengan begitu, dalam menjalankannya anak akan dengan hati melaluinya.

Ajarkan anak untuk berkomitmen dengan waktu belajar dengan cara memasang alarm, Lakukan kegiatan yang menyenangkan, Ajarkan teknik relaksasi ini setiap kali anak kehilangan fokus.

Kenali Gangguan yang Merusak Konsentrasi

Tips belajar efektif lainnya adalah dengan mengenali gangguan yang mungkin merusak konsentrasi belajar. Ini bisa datang dari mana saja, termasuk dari orang tua sendiri. Adapun beberapa hal yang kerap mengganggu proses belajar di rumah adalah gadget, televisi, mainan  dan lainnya.

Kenali Tipe Anak

Anak memiliki karakteristik yang berbeda cara belajarnya, lakukan dengan cara yang disenanginya. Adakalanya anak merasa mampu dan cepat menangkap pelajaran dengan cara dinyanyikan, dan masih banyak lagi. Dengan begitu akan mempermudah anak untuk menangkap apa yang diajarkan.

Mendampingi Anak Selama Belajar

Faktor paling penting dalam melaksanakan belajar secara virtual adalam pendampingan orang tua, mulai dari mengarahkan hingga memberikan contoh dalam mempelajari pelajaran, mengarahkan anak untuk focus hingga menjadi teman diskusi dalam belajar.

Jaga Komunikasi Dengan Guru

Orang Tua diharapkan terus melakukan komunikasi dengan para guru dan jangan sungkan untuk menanyakan hal-hal teknis yang berkaitan dengan pelajaran yang akan diberikan. Bila perlu, sebelum memulai pelajaran, para orang tua juga perlu mendalami teknik-teknik menjadi guru agar bisa diaplikasikan selama proses belajar secara virtual.

Ulangi Pelajaran dan Latihan

Pelajaran yang sudah dipelajari secara virtual dengan para guru, sebaiknya di ulangi di waktu yang berbeda dengan begitu anak akan terus mengingat dan semakin memahami apa yang disampaikan. Lakukan juga beberapa latihan yang bisa dibuat agar anak terbiasa dan semakin memahaminya.

Nah, itu dia  tips belajar efektif yang bisa menjadi acuan para orang tua dalam menjalani proses sekolah secara virtual dan menerapkannya. Selamat mencoba ya bunda..

Satu pemikiran pada “Tak Perlu Khawatir, Belajar Di Rumah Juga Bisa Asik Ko, Begini Tipsnya”

Tinggalkan komentar